Sabtu, 29 Juli 2017

Renungan Harian GML: MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI DAN SEPENUH JIWA

SABDA, Sabtu, 29-7-2017

BACAAN
Kel 24:3-8 – “Inilah darah perjanjian yang diadakan Tuhan dengan kamu”
Yoh 11:19-27 – “Aku percaya bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah”

RENUNGAN
1.Hari ini Gereja memperingati St. Marta. Dengan memperingati St. Marta, kita juga memperingati St. Maria dari Betani, dan Lazarus, saudaranya.

2.Penginjil Yohanes mengisahkan tentang Marta dan Maria dalam dua episode. Pertama, dalam kematian Lazarus (Yoh 11:1-54). Kedua, di Betani (Yoh 12:1-7) sebelum Yesus memasuki Yerusalem dan enam hari sebelum Paskah.

3.Injil hari ini (Yoh 11:19-27) menunjukkan iman Marta yang begitu dalam. Pertama, ia percaya, jika Yesus hadir ketika Lazarus sakit, maka Yesus dapat menyembuhkannya dan saudaranya tidak akan mati (ay 21). Kedua, ia percaya walaupun saudaranya telah mati selama empat hari, Yesus tetap mampu membuat mukjijat. Ia tidak minta hal tersebut kepada Yesus, namun ia percaya sepenuhnya pada Yesus (ay 22). Ketiga, ia percaya akan kebangkitan pada akhir jaman (ay 24). Keempat, ia percaya bahwa siapa pun yang percaya kepada-Nya tidak pernah akan mati (ay 25). Kelima, ia percaya bahwa Yesus adalah Kristus, Anak Allah, yang datang ke dunia ini (ay 27).

4.Yoh 12:1-7 - Marta menunjukkan pelayanan yang murah hati. “Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani” (Yoh 12:2). Maria meminyaki kaki Yesus dengan minyak narwastu yang mahal dan menyekanya dengan rambutnya. Marta tahu bahwa saudarinya mengambil bagian yang lebih baik, dan Marta tidak lagi cemas dan terganggu  bahwa ia harus melayani sendirian. Marta tidak bimbang dalam melayani, tetapi dengan sepenuh hati dan sepenuh jiwa melayani Tuhan Yesus dan yang lain dengan kasih.

5.Pelayanan (seperti yang dilakukan Marta), tidak dapat dipisahkan dengan duduk dekat kaki Tuhan dan mendengarkan Sabda-Nya (seperti dilakukan Maria). Bagaimana pengalaman Anda?

🇮🇩MS🇮🇩www.berkat.id

0 komentar:

Posting Komentar