Jumat, 28 Juli 2017

Renungan Harian GML : Mendengarkan dan Mengerti

SABDA, Jumat, 28-7-2017
MENDENGARKAN DAN MENGERTI

BACAAN
Kel 20:1-17 – “Hukum Taurat diberikan lewat Musa”
Mt 13:18-23 – “Orang yang mendengarkan Sabda dan mengerti, menghasilkan buah”

RENUNGAN
1.Ay 18 – Mendengar dan mengerti. Yesus telah membuka hati para murid untuk memahami perumpamaan, karena mereka terbuka dan percaya kepada Yesus serta mendengarkan pengajaran- Nya. Sedangkan orang kebanyakan hanya sesekali mendengarkan pengajaran Yesus. Bagi kita sangatlah penting  “menyingkir” sejenak bersama Yesus untuk mendengarkan Sabda-Nya, merenungkan dan menanggapi lewat doa, agar hidup kita menghasilkan buah limpah.

2.Ay 19 – Halangan untuk mengerti. Biji yang jatuh di tepi jalan. Yesus mengingatkan tentang halangan terhadap pewartaan Kerajaan Allah. Biji yang tersebar di pinggir jalan pasti akan terinjak-injak orang yang lewat. Hal ini mau mengatakan bahwa masing-masing orang bertanggungjawab secara pribadi apakah akan menerima Sabda Allah atau “menginjak-injak” Sabda Allah. Halangan kelompok ini adalah: tidak peka terhadap Sabda dan acuh tak acuh. Bagi orang ini: hidup rohani tidak penting.

3.Ay 20-22 – Biji yang jatuh di tanah bebatuan dan semak berduri. Kelompok ini adalah mereka yang membenamkan hati dalam dunia yang palsu dan semu serta hidup melulu duniawi. Hidup seperti ini menghalangi Sabda Allah untuk tumbuh dan menghasilkan buah. Sejenak ia mendengarkan Sabda, tapi segera menolaknya karena tidak seperti yang ia harapkan. Orang ini memiliki kehidupan yang dangkal, semu, duniawi dan tidak stabil.

4.Ay 23 – Tanah yang baik. Tanah yang baik melambangkan hati yang mendengarkan dan mengerti Sabda Tuhan. Hanya orang yang demikian akan menghasilkan buah. Buah yang dihasilkan menjadikan dia terlibat dalam tindakan Allah, yaitu mewujudkan kasih nyata di dunia ini.

5.Anda termasuk jenis tanah yang mana? Apa arti “tanah yang baik” bagi hidup Anda?

 🇮🇩MS🇮🇩 www.berkat.id

0 komentar:

Posting Komentar