Kamis, 27 Juli 2017

Renungan Harian GML : Mereka adalah Orang-orang Tuli dan Buta Terhadap Kerajaan Allah


SABDA, Kamis, 27-7-2017
MEREKA ADALAH ORANG-ORANG TULI DAN BUTA TERHADAP KERAJAAN ALLAH

BACAAN
Kel 19:1-2.9-11.16-20 – “Tuhan turun ke gunung Sinai di hadapan seluruh umat”
Mt 13:10-17 – “Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Surga, tetapi kepada mereka tidak”

RENUNGAN
1.Pasal 13 Injil Matius berbicara tentang Perumpamaan-perumpamaan. Ada tujuh perumpamaan (Mt 13:1-50).

2.Ay 10 – Pertanyaan. Para murid ingin tahu mengapa Yesus, ketika Ia berbicara kepada orang-orang, selalu dengan perumpamaan: “Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?”

3.Ay 11-13 – “Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Surga, tetapi kepada mereka tidak.” Mengapa demikian? Para murid adalah orang-orang yang menerima Yesus sebagai Mesias Hamba, maka mereka mengerti dan menerima apa yang diajarkan Yesus. Tetapi rahasia Kerajaan Surga tersembunyi bagi orang-orang yang memahami bahwa Yesus adalah Mesias Raja Agung yang penuh kemewahan. Yesus mengajar mereka melalui perumpamaan, namun mereka tidak mengerti juga maknanya. Karena para murid terbuka terhadap Yesus, maka mereka akan semakin ditambahkan dengan karunia yang semakin melimpah, sedangkan orang lain , apa saja yang ada padanya akan diambil. Banyak orang sekarang mengalami hidup yang kosong, gersang dan tak bermakna karena menutup hati dan pikiran terhadap Yesus. Mereka tuli dan buta.

4.Ay 14-15 – Pemenuhan nubuat Yesaya. Karena ketertutupan hati mereka, maka mereka tidak mampu melihat, mendengar dan mengerti apa yang diajarkan dan dibuat Yesus. Maka terpenuhilah nubuat nabi Yesaya: “Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, ..... “ (Yes 6:9-10).

5.Ay 16-17 – “Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar.” Kita hendaknya selalu bersyukur karena boleh mengenal dan percaya kepada Yesus, berarti boleh mengenal rahasia Kerajaan Surga. Tetapi adakah yang menghalangi Anda untuk semakin akrab dengan Tuhan Yesus?

 🇮🇩MS🇮🇩 www.berkat.id

0 komentar:

Posting Komentar