Kamis, 24 Agustus 2017

Renungan Harian GML : IMAN YANG BERPROSES

SABDA, Kamis, 24-8-2017
PESTA St. BARTOLOMEUS, RASUL

BACAAN
Why 21:9-14 – “Di atas dua belas batu dasar tertulis nama kedua belas rasul Anak Domba”
Yoh 1:45-51 – “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya”

RENUNGAN
1.St. Bartolomeus, yang pestanya kita rayakan hari ini, tercatat di antara Duabelas Rasul. Ia juga muncul sebagai salah satu saksi Kenaikan Tuhan. Namanya tercatat dalam Injil-injil Sinoptik. Penginjil Yohanes tidak mengatakan apa-apa tentang Bartolomeus ini. Ia hanya menulis tentang Natanael, sahabat karib Philipus yang kemudian mengikuti Yesus (Yoh 1:45-51). Ahli sejarah Kitab Suci menyimpulkan bahwa antara Natanael dan Bartolomeus orangnya sama.

2.Ay 45-46 - Philipus bertemu Natanael dan bicara kepadanya tentang Yesus: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” Natanael berkata: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Dari kata-kata ini sepertinya ada persaingan antar kampung dalam satu wilayah: antara Nazaret dan Kanaan. Di samping itu, menurut para ahli kitab, Mesias akan datang dari Betlehem, di Yudea. Ia tidak datang dari Nazaret di Galilea (Yoh 7:41-42).

3.Ay 47-51 – Philipus tidak memaksakan, tetapi mengajak supaya Natanael melihat dan mengalami: “Mari dan lihatlah!” Akhirnya ia datang, mengalami, dan bersaksi tentang Yesus. Yesus melihat Natanael dan berkata: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya.” Ia disebut orang Israel sejati, karena ia berani melepaskan  pendapatnya sendiri ketika tidak sesuai dengan rencana Allah. Semula ia menanti Mesias seperti diajarkan para ahli kitab. Setelah ia ketemu dengan Yesus, ia dibantu untuk memahami bahwa rencana Allah tidak selalu seperti yang ia bayangkan. Ia mengakui kesalahannya, kemudian ia mengubah gagasannya, menerima Allah sebagai Mesias dan mengaku: “Rabi,  Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel.” Pengakuan Natanael barulah tahap awal. Seseorang yang beriman kepada Yesus akan  melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia. Mimpi Yakob menjadi kenyataan (Kej 28: 10-22).

4.Sudah pantaskah kita disebut sebagai “orang Kristen sejati?” Apa tandanya bahwa proses iman kita sudah sampai pada puncak seperti dikehendaki Tuhan Yesus?

🇮🇩MS🇮🇩 www.berkat.id

0 komentar:

Posting Komentar