Sabtu, 05 Agustus 2017

Renungan Harian GML : MEMBELA KEBENARAN

SABDA, Sabtu, 5-8-2017

BACAAN
Im 25:1.8-17 – “Dalam tahun suci semua hendaknya pulang ke tanah miliknya”
Mt 14:1-12 – Herodes menyuruh memenggal kepala Yohanes Pembaptis”

RENUNGAN
1.Injil hari ini melukiskan Yohanes Pembaptis sebagai kurban korupsi dan arogansi Herodes. Ia dibunuh tanpa sebuah proses. Herodes telah menyalahgunakan kekuasaannya.

2.Ay 1-2 – Siapa Yesus bagi Herodes? “Inilah Yohanes Pembaptis, Ia telah bangkit dari antara orang mati, dan itulah mengapa kuasa-kuasa bekerja pada diri-Nya.” Ia mencoba memahami Yesus berawal dari ketakutannya sesudah membunuh Yohanes Pembaptis. Herodes sangat percaya pada takhayul dan menyembunyikan ketakutannya di balik kekayaan dan kekuasaannya.

3.Ay 3-5 – Alasan tersembunyi mengapa Yohanes dibunuh. Herodes menguasai Galilea, yang merupakan tanah kelahiran Yesus. Ia berkuasa selama 43 tahun. Ia seorang penguasa absolut, ia bisa melakukan apa saja yang terlintas di dalam pikirannya. Arogan, tidak memiliki etika, memiliki kekuasaan absolut, tanpa kontrol dari siapa pun. Ia berusaha menyenangkan kekaisaran Romawi dengan tujuan demi promosi  dan keamanan dirinya. Dengan alasan ini, ia berusaha agar tidak ada subversi. Alasan membunuh Yohanes, karena ia mencela Herodes yang menikahi Herodias, isteri Philipus saudaranya: “Tidak halal engkau mengambil Herodias.” Dan Yohanes dipenjara.

4.Ay 6-12 – Komplotan pembunuh. Sebuah pesta ulang tahun dan jamuan makan, dengan dansa dan pesta pora. Mereka yang hadir adalah “pembesar-pembesar, perwira-perwira dan orang-orang terkemuka di Galilea” (Mk 6:21). Suasana ini merupakan kesempatan untuk merancang pembunuhan terhadap Yohanes yang mengkritik sistem dan moral Herodes. Dalam kemeriahan pesta, Herodes berjanji kepada Salome, seorang penari, anak perempuan Herodias, akan mengabulkan segala permintaannya. Salome minta kepala Yohanes untuk ditaruh di atas talam.

5.Kekayaan, kekuasaan, kehormatan sering membuat banyak orang menjadi sombong dan arogan. Ia berusaha mempertahankannya dengan segala cara, bahkan bila harus mengorbankan orang lain. Adakah dalam hati Anda sifat-sifat seperti dimiliki oleh Herodes?

🇮🇩MS🇮🇩 www.berkat.id

0 komentar:

Posting Komentar