Jumat, 01 September 2017

Renungan Harian GML : MENEMUKAN KEHADIRAN DAN PANGGILAN ALLAH KINI DAN DI SINI


SABDA, Jumat, 1-9-2017

BACAAN
1Tes 4:1-8 – “Inilah kehendak Allah, yaitu supaya kamu semua kudus”
Mt 25:1-13 – “Lihatlah pengantin datang, pergilah menyongsong dia!”

RENUNGAN
1.Ay 1a – “Pada waktu itu.” Tak seorang pun tahu waktu yang ditetapkan itu, hanya Bapa yang tahu (Mt 24:36). “Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga” (Mt 24:44). Bisa hari ini bisa besok. Maka dalam perumpamaan dikatakan: “Berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya.”

2.Ay 1b-4 – Sepuluh gadis siap menunggu kedatangan mempelai laki-laki. Mereka harus membawa lampu untuk menerangi jalan, dan agar suasana pesta lebih meriah dengan adanya lampu-lampu. Ada sepuluh gadis, lima bijaksana dan lima bodoh. Perbedaan dapat dilihat ketika harus menyiapkan diri untuk tugas mereka. Gadis yang bijak: selain membawa lampu, juga membawa persediaan minyak. Gadis yang bodoh hanya membawa lampu dan mereka tidak pernah berpikir tentang minyak sebagai persediaan.

3.Ay 5-7 – Karena kedatangan mempelai yang tidak tepat waktu, maka mengantuklah mereka dan tertidur. Tiba-tiba pada tengah malam ada suara orang berseru: “Mempelai datang! Songsonglah dia!” Mereka bangun dan menyiapkan lampu. Mereka harus menambahkan minyak agar lampu  tidak mati.

4.Ay 8-9 – Sikap yang berbeda. Gadis yang bodoh menjadi sadar bahwa mereka harus membawa persediaan minyak. Mereka minta minyak kepada gadis yang bijak. Gadis yang bijak tidak menanggapi permintaan mereka dan mereka menyertai mempelai masuk ke dalam ruang pesta. Mereka menyarankan kepada gadis yang bodoh: “Lebih baik kamu pergi kepada penjual minyak dan beli di situ.”

5.Ay 10-12 – Nasib gadis yang bijak dan gadis yang bodoh. Gadis yang  bodoh mengikuti saran gadis yang bijak: mereka pergi untuk membeli minyak. Selama kepergian mereka, mempelai datang dan gadis bijak mengikuti dia dan masuk bersama dia ke dalam pesta perkawinan. Kemudian pintu ditutup. Gadis yang bodoh datang dan mengetuk-ngetuk pintu: “Tuan-tuan, bukakanlah kami pintu!” Mereka mendapat jawaban: “Sesungguhnya aku tidak mengenal kamu.”

6.Ay 13 – Nasehat Yesus kepada kita semua. Perumpamaan ini sangat sederhana, namun isinya terang dan jelas: “Berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya.” Oleh Tuhan Yesus kita diajak untuk melihat saat sekarang ini, dan berusaha menemukan kehadiran dan panggilan Allah dalam hal-hal paling kecil dan sederhana dalam kehidupan kita. Siapkah aku?

 🇮🇩MS🇮🇩 berkat.id

0 komentar:

Posting Komentar