Jumat, 22 September 2017

Renungan Harian GML : PARA WANITA MURID-MURID YESUS


SABDA, Jumat, 22-9-2017

BACAAN
1Tim 6:2c-12 – “Bertandinglah dalam pertandingann iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal
Luk 8:1-3 – “Beberapa wanita menyertai Yesus dan melayani Dia dengan harta bendanya”

RENUNGAN
1.Injil hari ini menggambarkan Yesus  berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa di Galilea. Ia tidak hanya disertai para murid laki-laki, tetapi juga para murid wanita.

2.Ay 1 – Dua belas murid mengikuti Yesus. Lukas melukiskan situasi Yesus dan para murid-Nya: “Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil  Kerajaan Allah. Keduabelas murid-Nya bersama-sama dengan Dia.” Ungkapan “bersama-sama dengan Dia” menyatakan kondisi para murid: Mereka mengikuti Sang Guru, duapuluh empat jam sehari, mencoba untuk mengikuti contoh-Nya dan berpartisipasi penuh dalam tugas perutusan-Nya.

3.Ay 2-3 – Para wanita mengikuti Yesus. Yang sangat mengagumkan bahwa di samping para pria, juga ada para wanita “bersama-sama dengan Yesus.” Lukas menempatkan laki-laki dan wanita pada level yang sama, karena mereka semua mengikuti Yesus. Dalam Injil Lukas disebutkan tujuh wanita yang disebut sebagai orang-orang yang berpengaruh dalam perutusan Yesus: Maria Magdalena, Yohana (isteri Khuza), Susana (Luk 8:3), Martha dan Maria (Luk 10:38), Maria, ibu Yakobus (Luk 24:10) dan Hanna (Luk 2:36).

4.Lukas disebut sebagai Injil kaum wanita, karena menampilkan banyak wanita dalam perutusan Yesus. Lukas menggaris bawahi relasi Yesus dengan mereka. Yesus menumpangkan tangan atas mereka dan mengijinkan mereka untuk menjamah-Nya tanpa takut najis (Luk 7:39; 8:44-45.54). Berbeda dengan para guru pada waktu itu yang tidak bisa menerima kaum wanita, sedangkan Yesus menerima kaum wanita yang mengikuti Dia dan ingin menjadi murid-Nya (Luk 8:2-3; 10:39). Yesus sangat sensitip terhadap penderitaan seorang janda yang kehilangan anak laki-lakinya dan Ia terlibat dalam penderitaannya (Luk 7:13). Yesus menerima para wanita dan menjadikan mereka saksi kematian-Nya (Luk 23:49), saksi pemakaman-Nya (Luk 22:55-56), dan saksi kebangkitan-Nya (Luk 24:1-11.22-24).

5.Menurut Anda, bagaimana peran wanita dalam Gereja?

 🇮🇩MS🇮🇩www.berkat.id

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Peran Wanita dalam Gereja itu sangat nyata dan tidak boleh di pandang sebelah mata terlihat ketika perayaan ekaresti sebagai Prodiakon terlihat anggun dan manis

    BalasHapus
  4. Peran Wanita dalam Gereja itu sangat nyata dan tidak boleh di pandang sebelah mata terlihat ketika perayaan ekaresti sebagai Prodiakon terlihat anggun dan manis

    BalasHapus