Rabu, 20 September 2017

Renungan Harian GML : PEKA TERHADAP KEHADIRAN DAN TINDAKAN YESUS DALAM HIDUP KITA SETIAP HARI


SABDA, Rabu, 20-9-2017

BACAAN
1Tim 3:14-16 – “Sungguh agunglah rahasia iman kita”
Luk 7:31-35 – “Hikmat Allah dibenarkan oleh orang yang menerimanya”

RENUNGAN
1.Dalam Injil hari ini, kita melihat Kabar Gembira membuka jalan terhadap orang-orang yang melekat pada tradisi keagamaan lama dan yang tidak memahami lagi tanda-tanda kehadiran dan tindakan Allah. Mereka berusaha menyembunyikan kekurangan mereka dengan berbagai dalih sebagai pembenaran. Yesus menanggapi dengan sebuah perumpamaan untuk mencela pembicaraan mereka yang ngawur: “Mereka seperti anak-anak yang tidak tahu apa yang mereka inginkan.”

2.Yesus jengah dengan mereka dan berkata: “Dengan apakah akan Kuumpamakan orang-orang dari angkatan ini?” Yesus melanjutkan: “Mereka seperti anak-anak yang duduk di pasar yang tidak ada perhatian dan respon.” Mereka adalah anak-anak manja. Mereka mengeluh ketika yang lain tidak melakukan dan bertindak seperti apa yang mereka katakan.  Yesus mengkritik mereka, karena mereka dengan sewenang-wenang mengadili Yohanes Pembapis dan mengadili Yesus.

3.Yohanes yang tidak makan roti dan tidak minum anggur, mereka katakan: “Ia kerasukan setan.” Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, mereka katakan: “Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa.” Yohanes mereka katakan kerasukan setan, karena ia hidup dengan sangat keras, lebih asketis, tidak makan roti dan tidak minum anggur. Ia tetap tinggal di padang gurun dan mengancam orang-orang Yahudi dengan penghukuman pada Pengadilan Terakhir (Luk 3:7-9). Sedangkan Yesus makan dan minum seperti setiap orang yang lain. Ia menerima para pemungut cukai dan para pelacur. Kalau Yesus mengatakan “orang-orang dari angkatan ini”, yang dimaksud adalah para penguasa keagamaan yang tidak percaya kepada Yesus (Mk 11:29-33).

4.Yesus menyimpulkan: “Hikmat diberikan kepada semua orang yang menerimanya.” Ketidak-seriusan para penguasa agama nampak dari pendapat mereka terhadap Yesus dan Yohanes. Mereka tidak akan mendapatkan hikmat yang dari Allah, berarti tidak mendapatkan keselamatan.

5.Apa yang akan dikatakan Yesus terhadap orang-orang generasi sekarang ini? Apakah kita melihat tanda-tanda kehadiran dan tindakan Yesus di dalam hidup kita? Kita harus selalu membuka mata, hati dan pikiran, karena Yesus akan hadir. Semoga kita tidak kehilangan Dia.

🇮🇩MS🇮🇩 berkat.id

2 komentar: