Selasa, 19 September 2017

Renungan Harian GML : YESUS BERADA DI TENGAH-TENGAH KITA DAN MENGATASI KEMATIAN


SABDA, Selasa, 19-9-2017

BACAAN
1Tim 3:1-13 – “Penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat”
Luk 7:11-17 – “Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!”

RENUNGAN
1.Injil hari ini menampilkan episode tentang kebangkitan anak laki-laki seorang janda di Nain. Cara Yesus menyampaikan Kerajaan Allah sungguh mengagumkan orang-orang Yahudi, karena mereka tidak biasa melihat hal-hal demikian. Bahkan Yohanes Pembaptis pun kagum, sampai dia harus bertanya: “Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?” (Luk 7:19).

2.Ay 11-12 – Perjumpaan dua perarakan. Yesus pergi ke sebuah kota yang disebut Nain. Para murid dan sejumlah besar orang mengikuti Dia. Ketika sampai dekat pintu gerbang kota, ada seorang pemuda yang meninggal yang dibawa ke kuburan. Ia satu-satunya anak laki-laki seorang janda. Perarakan pembawa jenasah dan rombongan yang menyertai janda menuju kuburan berjumpa dengan perarakan rombongan Yesus yang masuk ke kota. Kedua rombongan berjumpa di sebuah lapangan kecil di samping pintu gerbang kota Nain.

3.Ay 13 – Hati Yesus tergerak oleh belaskasihan. “Ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: ‘Jangan menangis!’” Melihat janda tersebut, hati Yesus terharu, dan tergerak untuk bicara dan bertindak. Dengan peristiwa ini, Yesus menampakkan kuasa kehidupan yang mengatasi kematian.

4.Ay 14-15 – “Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!” “Maka bangunlah orang itu dan duduk dan mulai berkata-kata, dan Yesus menyerahkannya kepada ibunya.” Dari ungkapan ini, Injil membantu kita untuk mengalami lebih baik kehadiran Yesus di tengah-tengah kita. Ia mampu mengatasi kematian. Saat ini Ia berada bersama kita, dan ketika kita menghadapi problem penderitaan yang memukul kita, Ia bersabda: “Aku berkata kepadamu, bangkitlah!”

5.Ay 16-17 – Reaksi orang-orang. “Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: ‘Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita; Allah telah melawat umat-Nya.” Maka tersiarlah kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya. Yesus adalah nabi yang telah diumumkan oleh Musa (Ul 18:15). Ialah Allah yang datang melawati kita dan Ia adalah “Bapa bagi anak yatim dan Pelindung bagi para janda” (Mz 68:6).

6.Apa yang harus kita buat bagi orang lain untuk mengatasi kepedihan penderitaannya dan menciptakan kehidupan baru?

🇮🇩MS🇮🇩 www.berkat.id

0 komentar:

Posting Komentar