Senin, 30 Oktober 2017

Renungan Harian GML : ALLAH BERKUASA ATAS ROH-ROH JAHAT


SABDA, Senin, 30.10.2017

BACAAN
Rom 8:12-17 – Kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah”

Luk 13:10-17 – “Bukankah wanita keturunan Abraham ini harus dilepaskan dari ikatannya sekali pun pada hari Sabat?”

RENUNGAN
1.Di salah satu rumah ibadat, Yesus berjumpa dengan “seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak.” Kepadanya, Yesus menyampaikan kata-kata iman dan membebaskan serta memulihkan kesehatannya: “Hai ibu, penyakitmu telah sembuh.”

2. Melihat hal tersebut “kepala rumah ibadat gusar karena Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat.” Yesus menyembuhkan pada hari Sabat, karena Allah tidak bisa berhenti untuk mengasihi. Allah tidak bisa dibatasi oleh apa pun dan siapa pun dalam mencipta dan mengasihi. Yesus mengecam kepala rumah ibadat di depan umum: “Hai orang-orang munafik,  bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat ..... Bukankah perempuan ini, yang sudah delapan belas tahun diikat oleh Iblis, harus dilepaskan dari ikatannya itu, karena ia adalah keturunan Abraham?” “Semua lawan-Nya merasa malu dan semua orang banyak bersukacita karena segala perkara mulia, yang telah dilakukan-Nya.”

3. Dari Injil hari ini, Yesus mengajarkan siapa Allah? a) Allah itu penuh belas kasih. Ia berinisiatip menyembuhkan. b) Allah tahu beban derita manusia dan bagaimana menyembuhkannya. c) Sabat bukan hari berkabung, tetapi hari untuk memuji dan bersyukur karena Allah tidak berhenti berkarya dan mengasihi manusia. d) Allah membenci kemunafikan. e) Allah jauh lebih besar daripada roh-roh jahat dan memiliki kuasa untuk mengatasi mereka.

4.Dengan rendah hati mohon rahmat kepada Tuhan, agar kita mampu mengalahkan roh-roh jahat yang membelit hidup kita saat ini yang membuat hidup kita tidak berdaya dan iman menjadi layu.

Rm Maxi Suyamto                                                       

0 komentar:

Posting Komentar