Rabu, 22 November 2017

Renungan Harian GML : KERAJAAN ALLAH TERWUJUD MELALUI TINDAKAN KASIH, PELAYANAN DAN BERBAGI


SABDA, Rabu, 22-11-2017

BACAAN
2Mak 7:20-31 – “Pencipta alam semesta akan memberi kembali roh dan hidup kepadamu”

Luk 19:11-28 – “Mengapa uangku tidak kau berikan kepada orang yang menjalankan uang?”

RENUNGAN
1.Uang mina melambangkan kekayaan milik Allah, yang diberikan kepada manusia agar dia tumbuh dan menghasilkan buah. Uang mina juga melambangkan kehadiran Allah dalam kasih, pelayanan, dan berbagi. Orang yang takut tumbuh berarti menutup diri karena takut kehilangan apa yang ia miliki. Sedangkan orang yang mengasihi dan berbagi akan tumbuh dan akan menerima ganjaran berkelimpahan: “Orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat” (Mk 10:30).

2.Orang ketiga yang takut dan tidak berbuat apa-apa, tidak ingin kehilangan sesuatu. Justru dengan demikian ia akan kehilangan seluruh apa yang ia punya. Artinya: ia akan kehilangan Kerajaan Allah. Kerajaan Allah harus diusahakan dan diperjuangkan. Siapa pun yang tidak mengusahakannya,  Kerajaan Allah akan hilang dari padanya.

3.Lukas mengakhiri perikope ini: “Dan setelah mengatakan semuanya itu Yesus mendahului mereka dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem.” Dengan menuju Yerusalem menunjukkan bahwa Sengsara, Wafat, dan Kebangkitan Yesus sudah begitu dekat dan terjadi di Yerusalem. Kerajaan Allah terwujud melalui Sengsara, Wafat, dan Kebangkitan Yesus. Setiap murid Kristus harus selalu mengusahakan hadirnya Kerajaan Allah; ia tidak bisa berpangku tangan dengan hanya mengharapkan datangnya Kerajaan Allah. Kerajaan Allah terwujud melalui tindakan kita.

Rm Maxi Suyamto

0 komentar:

Posting Komentar