Sabtu, 30 Desember 2017

Renungan Harian GML : IA BERTAMBAH BESAR DAN MENJADI KUAT, PENUH HIKMAT, DAN KASIH KARUNIA ALLAH ADA PADA-NYA

SABDA, Sabtu, 30-12-2017


BACAAN
1Yoh 2:12-17 – “Orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya”

Luk 2:36-40 – “Hana berbicara tentang kanak-kanak Yesus”

RENUNGAN
1.Injil hari ini berbicara tentang seorang nabi wanita yang bernama Hana. Ia seorang janda, sudah sangat tua, 84 tahun. Ia tinggal di kenisah, penuh iman dan berdoa siang dan malam.

2.Hana dan Kanak-kanak Yesus. ”Dan pada ketika itu juga datanglah ia ke situ dan mengucap syukur kepada Allah dan berbicara tentang Anak itu kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk Yerusalem.” Ia datang ke kenisah ketika Simeon menatang  kanak-kanak Yesus dan berbicara kepada Maria mengenai masa depan anaknya itu (Luk 2:25-35). Hana melihat seorang Anak yang digendong ibunya dan Hana mengetahui bahwa Anak tersebut adalah Penyelamat dunia.

3.Kehidupan Yesus di Nazaret. “... kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea. Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.” Anak Manusia menjadi sama dengan kita dalam semua hal dan mengambil rupa sebagai seorang Hamba, yang taat sampai mati bahkan mati di kayu salib (Phil 2:7-8).

4.Yesus hidup di Nazaret selama 30 tahun.  Penuh hikmat berarti memahami pengetahuan dan pengalaman manusia. Hal ini didapat melalui pengalaman hidup bersama masyarakat-Nya. Bertambah besar dan menjadi kuat berarti menjadi dewasa dalam kepribadian. Semuanya berproses melalui suka duka, melalui penemuan-penemuan baru dengan segala frustrasinya, kemarahan dan kasih-Nya. Hal ini terjadi dalam keluarga bersama orang tua-Nya, saudara-saudari dan teman-teman-Nya. Tumbuh dalam kasih karunia Allah berarti menemukan kehadiran Allah di dalam kehidupan, di dalam semua  tindakan yang Ia buat, dan panggilan hidup-Nya. Ia telah belajar taat dalam seluruh penderitaan-Nya (Hibr 5:8).

5.”Bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.” Bagaimana pengalaman Anda?

Rm Maxi Suyamto

0 komentar:

Posting Komentar