Jumat, 19 Januari 2018

Renungan Harian GML : YESUS MEMILIH DUABELAS RASUL



BACAAN
1Sam 24:3-21 – “Aku tidak akan menjamah Saul, sebab dialah orang yang diurapi Tuhan”

Mrk 3:13-19 – “Yesus memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya untuk menyertai Dia”

RENUNGAN
1.Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa. Kemudian Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya. “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu” (Yoh 15:16). Mereka pun datang dan mengikuti Dia. Kemudian Yesus memilih dua belas orang yang disebutnya rasul. Tugas mereka: Pertama,  menyertai Dia dan tinggal bersama Dia untuk membentuk komunitas baru dan Yesus sebagai pusatnya. Kedua, memberitakan Injil. Mereka adalah saksi-saksi kebangkitan Tuhan. Ketiga, diberi kuasa untuk mengusir setan. Roh-roh jahat inilah yang membelenggu dan memperbudak manusia serta menjauhkannya dari Allah.

2.Dua belas rasul merupakan orang-orang lingkaran dalam. Mereka adalah pondasi komunitas baru, yang juga disebut Israel Baru. Angka 12 mewakili 12 suku Israel. Dengan demikian komunitas baru terbentuk. Komunitas yang tumbuh dan berkembang di sekitar Yesus selama tiga tahun. Sifat dari komunitas baru ini adalah terus tumbuh, berorientasi kerasulan, dan masuk di antara orang-orang miskin di Galilea dan sekitarnya.

3.Sebagai rasul, mereka memiliki komitmen tegas dan pasti dalam mengikuti Kristus. Mereka mengidentifikasi diri seutuhnya dengan Kristus. Mereka adalah alter Kristus (Kristus yang lain – kembaran Kristus). Diteguhkan oleh pesan-pesan Yesus, mereka menjadi bentara Kabar Gembira Kerajaan Allah.

4.Kita juga telah dipilih dan ditetapkan menjadi murid Yesus di jaman sekarang ini. Kita telah menjawab dan memberikan diri untuk mengikuti-Nya. Kita juga telah diberi kuasa, yakni kekuatan Roh Kudus supaya kita selalu terarah kepada Tuhan Yesus yang telah memilih kita. Kesatuan budi dan hati dengan Yesus harus selalu kita jaga, karena bahaya semakin besar yang ingin memisahkan kita dari Yesus.

5.Dengan cara apa kita menjaga kesatuan dengan Kristus?

Jumat, 19 Januari 2018 –
Rm Maxi Suyamto

0 komentar:

Posting Komentar