Sabtu, 27 Januari 2018

Renungan Haroan GML : YESUS BERKUASA ATAS ALAM SEMESTA



BACAAN
2Sam 12:1-7a.10-17 – “Daud mengaku telah berdosa terhadap Tuhan”

Mrk 4:35-41 – “Siapa gerangan orang ini? Angin dan danau pun taat kepada-Nya”

RENUNGAN
1.Kisah diawali dengan “Marilah kita bertolak ke seberang.” Hari yang berat dan penuh pekerjaan. Mereka membawa Yesus dengan perahu. Ia sangat capai, Ia tidur di buritan.

2.Taufan dahsyat, ombak menyembur ke dalam perahu. Situasi sangat berbahaya. Para murid berteriak putus asa: “Guru, Engkau tidak peduli kalau kita binasa?” Yesus tetap tidur nyenyak, bukan hanya karena Ia capai tetapi karena Ia memiliki Allah yang menjadi andalan-Nya. Kontras antara Yesus dan para murid-Nya.

3.Mendengar teriakan putus asa, Yesus bangun dan berkata kepada danau itu: “Diam! Tenanglah!” Laut pun seketika menjadi tenang. Ia berkata kepada para murid: “Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?”

4.Para murid belum mengerti, siapa sebenarnya Yesus: “Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?” Yesus sebagai orang asing bagi mereka, padahal mereka sudah lama bersama Yesus. Siapa sebenarnya Yesus? Markus memberi jawaban. Ia adalah Anak Allah (mrk 1:1). Kepala pasukan memberi kesaksian: “Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!” (Mrk 15:39).

5.Taufan dan badai dahsyat menghantam kita, entah senang atau tidak. Kita takut, daya tahan dan keimanan kita goyah bahkan hancur. Namun kita harus percaya  bahwa Yesus memiliki kuasa atas badai kehidupan. Dari kita hanya dituntut untuk percaya.

6.Kepada kita, Tuhan tidak menjanjikan bahwa tidak akan terjadi hal yang buruk. Yang dijanjikan Tuhan adalah “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Mat 28:20). Janji tersebut dibuktikan oleh Yesus: Ia ada bersama para murid ketika badai mengamuk dan perahu hampir tenggelam. Ia menenangkan badai tersebut. Yang kita butuhkan adalah iman yang kuat dan mendalam.

Sabtu, 27 Januari 2018 –
Rm Maxi Suyamto

0 komentar:

Posting Komentar