Senin, 12 Februari 2018

Renungan Harian GML : DALAM KERAGUAN IMAN



BACAAN
Yak 1:1-11 – “Ujian terhadap imanmu menghasilkan ketekunan, agar kamu menjadi sempurna dan utuh”

Mrk 8:11-13 – “Mengapa angkatan ini meminta tanda?”

RENUNGAN
1.Dalam setiap mukjijat yang dibuat oleh Yesus, orang-orang Parisi selalu melecehkan Dia. Ketika Yesus menggandakan roti, orang-orang Parisi tidak mampu memaknai arti mukjijat tersebut, malah sekarang mereka minta sebuah tanda dari surga. Tujuannya hanya untuk mencobai Yesus.

 2.Orang-orang Parisi tidak mau tahu apa yang diperbuat Yesus, maka Yesus mengeluh dan berkata: “Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.” Yesus meninggalkan mereka dan pergi ke seberang. Yesus kecewa.

3.Orang-orang Parisi, dan kebanyakan orang modern sekarang ini, tidak pernah memiliki niat untuk mengenal dan percaya kepada Yesus. Hati mereka keras, mata mereka buta, telinga mereka tuli. Mereka tidak mampu melihat bahwa dalam diri Yesus, Allah hadir dan menyelamatkan.

4.Kita terkadang mengalami keraguan, bahkan kegelapan iman. Dalam situasi tersebut kita minta tanda kepada Allah supaya Allah hadir dan memperhatikan kita. Sebenarnya Allah selalu hadir menyertai kita, tetapi karena kita terlalu sibuk dengan masalah yang mendera, kita tidak merasakan kehadiran Allah tersebut. Ada yang imannya mulai goyah dan berhenti percaya.

5.Seharusnya bagaimana? Dalam keraguan, kita harus bertahan, sabar, dan tetap percaya kepada Yesus. Kita tidak boleh membuat perubahan apa-apa. Justru pada saat semacam ini kita menaruh tangan kita ke dalam tangan Allah. Iman kita tidak perlu bergantung pada tanda, tetapi  berserah diri secara total kepada Allah dalam situasi apa pun. Inilah iman. Bagaimana pengalaman Anda?

Senen Pon, 12 Pebruari 2018 –
Rm.  Maxi Sriyanto

1 komentar: