Selasa, 13 Februari 2018

Renungan Harian GML : HATI YANG DEGIL


BACAAN
Yak 1:12-18 – “Allah tidak mencobai siapa pun”

Mrk 8:14-21 – “Awaslah terhadap ragi orang Parisi dan ragi Herodes”

RENUNGAN
1.Dalam Injil kemarin (Mrk 8:11-13), kita melihat kebutaan orang-orang Parisi yang meminta tanda dari sorga. Dalam Injil hari ini kita melihat kebutaan para murid Yesus.

2.Ketika mereka menyeberangi danau, Yesus memperingatkan mereka: “Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang-orang Parisi dan ragi Herodes.” Ragi, dalam tradisi Yahudi, melambangkan kebusukan. Ragi orang Parisi berarti pikiran yang dangkal,  berpegang pada legalisme hukum (segala-galanya harus berdasarkan hukum), munafik, suka menyebarkan keburukan orang lain, dan menganggap dirinya benar. Ragi Herodes: melambangkan orang yang tidak bermoral, hedonistik dan egois.

3.Tetapi para murid tidak mendengarkan dan tidak memperhatikan kata-kata Yesus dan menghubungkannya dengan roti yang tidak cukup. Dengan nada marah, Yesus bertanya: “Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? ... Telah degilkah hatimu? Kamu mempunyai mata, tidakkah kamu melihat dan kamu mempunyai telinga, tidakkah kamu mendengar? ... Yesus mengakhiri perkataan-Nya dengan berkata: “Masihkah kamu belum mengerti?”

4.Ternyata para murid sama dengan orang-orang Parisi:  punya mata tetapi tidak dapat melihat, mempunyai telinga tetapi tidak dapat mendengar. Mereka gagal paham.

5.Apa yang penting bagi kita? a) Peka terhadap kehadiran dan penyertaan Tuhan dalam hidup kita setiap hari. b) Ragi orang Parisi dan ragi Herodes telah merasuki kehidupan masyarakat sekarang ini. Tuhan mengingatkan: jangan mudah dihasut untuk ikut melakukan. Bagaimana dengan Anda?

Selasa, 13 Pebruari 2018 –
Rm M.Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar