Selasa, 27 Februari 2018

Renungan Harian GML : SAMA DALAM KATA DAN PERBUATAN



BACAAN
Yes 1:10.16-20 – “Belajarlah berbuat baik; usahakanlah keadilan”

Mat 23:1-12 – “Mereka mengajarkan, tetapi tidak melakukan”

RENUNGAN
1.Injil hari ini merupakan sebagian kritik panjang yang disampaikan Yesus kepada para ahli Kitab dan orang-orang Parisi (Mat 23:1-39). Yesus mengkritik mereka karena sikap mereka terhadap Allah berlawanan dengan sikap mereka terhadap sesama. “Mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya.”

2.Kesalahan orang-orang Parisi dan ahli Taurat: a) Mereka mengikatkan beban-beban berat di bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya. b) Mereka mengetahui hukum dengan baik, tetapi tidak melaksanakannya. c) Mereka melakukan segala sesuatu demi dilihat dan dipuji orang. d) Mereka suka menduduki tempat-tempat utama dan suka diberi salam di tempat-tempat umum. e) Mereka suka disebut Guru. f) Mereka menempatkan diri sebagai golongan yang berbeda dengan rakyat kebanyakan. g) Mereka menginginkan kemasyuran, kedudukan dan kekuasaan tanpa harus berjerih payah. Hidup seperti tersebut di atas adalah palsu, munafik, dan menipu.

3.Pesan Yesus kepada kita: a) Kita harus memiliki kesamaan antara kata dan tindakan. b) Setiap orang beriman harus siap menjadi pelayan: “Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu.” c) Tiap orang beriman harus mengutamakan persaudaraan dalam keberagaman, bukan perbedaan. d) Kita harus siap merendahkan diri di hadapan Allah. “Barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.” Rasul Paulus meneguhkan jemaatnya di Philipi: “Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib” (Flp 2:8). Yesus menghendaki agar kita serupa dengan Diri-Nya.

Selasa, 27.2.2018 –
Rm Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar