Selasa, 27 Maret 2018

Renungan Harian GML : HARGA SEBUAH PENGKHIANATAN



BACAAN
Yes 49:1-6 – “Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa, supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi”

Yoh 13:21-33.36-38 – “Salah seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku”

RENUNGAN
1.Suasana di Yerusalem nampak begitu tegang. Para pemimpin agama bersekongkol untuk menangkap dan membunuh Yesus. Dan pengkhianatan Yudas yang memungkinkan Yesus ditangkap.

2.Yesus baru saja selesai mencuci kaki para murid-Nya (Yoh 13:2-11) sebagai bentuk pemberian total diri-Nya kepada mereka. Namun ada seorang murid yang berkhianat. Tuhan mengatakan: “Sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku.” Yudas bernar-benar berkhianat. Ia memenuhi apa yang dikatakan Pemazmur: “Bahkan sahabat karibku yang kupercayai, yang makan rotiku, telah mengangkat tumitnya terhadap aku” (Mzm 41:10). Yudas sadar, bahwa Yesus mengerti segala sesuatu (Yoh 13:18). Namun demikian, ia tidak mengubah keputusannya. Ia tetap berkhianat.

3.Sejak saat itu terjadilah pemisahan  antara terang dan gelap (malam). Setan dan kegelapan memasuki Yudas, sedangkan terang terjadi di dalam Yesus: “Sekarang Anak Manusia dimuliakan.”

4.”Sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku.” Seorang tersebut bisa Yudas Iskariot, bisa pasangan hidup, bisa siapa saja. Yang jelas ada korban, dan korban tersebut mengalami penderitaan. Anda di pihak mana?

Selasa, 27.3.18 –
Rm Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar