Kamis, 29 Maret 2018

Renungan Harian GML : “IA MENGASIHI MEREKA SAMPAI KEPADA KESUDAHANNYA”

KAMIS PUTIH

“IA MENGASIHI MEREKA SAMPAI KEPADA KESUDAHANNYA”

BACAAN
Kel 12:1-8.11-14 – “Ketetapan tentang Perjamuan Paskah”

1Kor 11:23-26 – “Setiap kali kamu makan dan minum, kamu mewartakan wafat Tuhan”

Yoh 13:1-15 – “Ia mengasihi mereka sampai saat terakhir”

RENUNGAN
1.Seseorang yang biasa hidup bijak dan mengikuti jalan Allah, hidupnya mencapai puncaknya ketika ia tahu bahwa kematiannya sudah mendekat. Tindakan dan kata-katanya begitu kuat dan penting, sehingga disimpan dalam ingatan orang-orang dekat dan yang dikasihinya.

2.Injil hari ini bicara tentang Yesus, Tuhan dan Guru, yang membungkuk merendahkan diri dan mencuci kaki para murid-Nya sebagai lambang cinta dan pelayanan total sampai titik darah penghabisan: “Ia mengasihi mereka sampai pada kesudahannya,” yang kemudian diwariskan kepada para murid-Nya.

3.Mencuci kaki seharusnya dibuat oleh seorang budak, namun hal tersebut dilakukan oleh Tuhan. Yesus pun mencuci kaki Yudas yang mengkhianati-Nya. Di sini Yesus memberi teladan kepada kita, bagaimana seharusnya menghasihi.

4.Dalam pengkhianatan, Yesus tidak mengalami krisis identitas. Dengan penuh kesadaran, Ia menunjukkan siapa diri-Nya dan apa yang telah Ia kerjakan. Hukuman mati akan segera menghancurkan tubuh-Nya. Namun bagi Yesus, yang namanya pengkhianatan, penyangkalan, penyiksaan, penyaliban dan kematian-Nya justru menjadi sarana untuk menunjukkan cinta-Nya yang tuntas dan sampai akhir.

5.Mengasihi sebagaimana Yesus mengasihi. Sudah mampukah aku?

Kamis, 29.3.18 –
Rm Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar