Jumat, 23 Maret 2018

Renungan harian GML : MEREKA MENOLAK YESUS



BACAAN
Yer 20:10-13 – “Tuhan menyertai aku seperti pahlawan yang gagah”

Yoh 10:31-42 – “Orang-orang Yahudi mencoba menangkap Yesus, tetapi Ia luput dari tangan mereka”

RENUNGAN
1.Minggu Suci makin mendekat. Bacaan selalu menekankan ketegangan antara Yesus dengan orang-orang Yahudi, khususnya para pejabat agama , para ahli kitab, dan orang-orang Parisi. Mereka menolak pengajaran Yesus. Mereka ini justru orang-orang yang merasa diri paling beragama dan setia kepada Allah.

2.Sekali lagi, orang-orang Yahudi ingin melempari Yesus dengan batu. Alasan yang mereka tuduhkan: Yesus melakukan penodaan agama: “... Engkau menghujat Allah ... menyamakan diri-Mu dengan Allah.”

3.Kalau mereka menolak klaim bahwa Yesus adalah Anak Allah tidak masalah. Yesus tidak menuntut agar Ia diterima, diakui dan dipercayai. Ia hanya meminta mereka membuka mata dan hati akan karya-karya Allah di dalam diri-Nya.  Mereka tetap tidak percaya, bahkan, sekali lagi, mereka hendak melempari Yesus dengan batu. Tetapi Ia luput dari tangan mereka.

4.Konflik antara Yesus dengan para pejabat keagamaan, mencerminkan perjalanan sejarah Gereja dari dulu sampai sekarang. Orang-orang menutup diri terhadap pengajaran Yesus, bahkan atas nama agama mereka memfitnah dan mengadili anak-anak Allah.

5.Ketika  ada dari antara kita, orang beriman, yang dengan tulus hati ingin memperbaiki keadaan agar tidak terjadi korupsi, justru mendapatkan perlawanan sengit. Kita berhadapan dengan pilihan yang sulit: mengurungkan niat tulus kita agar tidak didepak atau mewujudkan niat tulus itu dengan resiko bisa tersingkirkan. Sukar, tetapi harus memilih.

Jumat, 23.3.18 –
Rm Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar