Kamis, 08 Maret 2018

Renungan Harian GML : SETAN MENGUASAI MANUSIA



BACAAN
Yer 7:23-28 – “Inilah bangsa yang tidak mau mendengarkan suara Tuhan”

Luk 11:14-23 – “Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku”

RENUNGAN
1.Ketika Yesus mengusir setan, timbullah dua reaksi. Reaksi pertama: banyak orang kagum dan percaya. Tidak seorang pun meragukan kekuasaan Yesus untuk mengusir setan dan menyembuhkan penyakit. Reaksi kedua dari para ahli Taurat yang datang dari Yerusalem. Mereka tidak percaya, bahkan memfitnah dan menuduh bahwa Yesus mengusir setan dengan kuasa Beelzebul. Yang sebenarnya terjadi adalah mereka iri hati terhadap Yesus, karena banyak orang berpihak kepada-Nya. Dengan demikian membuat kekuasaan mereka terancam.

2.Yang dibuat oleh Yesus adalah menyerang langsung kekuasaan dan kerajaan Setan, mana mungkin Yesus bersekongkol dengan setan. Tindakan Yesus tersebut menunjukkan bahwa Kerajaan Allah sungguh hadir dan kekuasaan Setan dihancurkan.

3.Dalam kiasan orang kuat dan rumahnya, Yesus menjelaskan dengan lengkap bahwa Ia jauh lebih kuat daripada Setan. Dengan mengusir Setan, berarti Ia menghancurkan kuasa setan dan menebus manusia dari genggaman Setan.

4.”Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku ... “ Dengan kata-kata tersebut, Yesus mengundang para pendengar-Nya untuk mengambil sikap: memilih Yesus atau melawan Yesus. Sekarang adalah saat membuat keputusan dan memilih. Banyak orang bukan-Kristen berbuat banyak kebaikan dan belas kasih secara tulus dan tanpa pamrih. Mereka ini adalah orang-orang yang bersama Yesus membangun Kerajaan Allah. Kita bukanlah pemilik Kristus satu-satunya. Siapa saja yang berbuat kebaikan dan belas kasih adalah pemilik Kristus.

5.Setan jaman sekarang muncul dalam wujud konsumerisme, serakah, sikap egois, acuh tak acuh, dan gajet atau hp pintar. Saat ini Anda sedang dikuasai Setan yang mana? Apa yang harus Anda buat supaya terbebas dari Setan tersebut?

Kamis, 8.3.18 –
Rm Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar