Jumat, 02 Maret 2018

Renungan Harian GML : TUHAN MENYERAHKAN KEBUN ANGGUR KEPADA KITA



BACAAN
Kej 37:3-4.12-13a.17b-28 – “Lihat, tukang mimpi datang, marilah kita bunuh dia”

Mat 21:33-43.45-46 – “Ia adalah ahli waris, mari kita bunuh dia”

RENUNGAN
1.Dalam Mat 21:23, para imam kepala dan tua-tua bertanya kepada Yesus: “Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa kepada-Mu?” Mereka merasa diri sebagai penjaga segala sesuatu, tidak menghendaki setiap orang berbuat sesuatu tanpa seiijin mereka.

2.Perumpamaan tentang kebun anggur ini merupakan ringkasan tentang sejarah Israel yang diambil dari Kitab Yesaya (Yes 5:1-7). Yesus mengarahkan perumpamaan tersebut kepada para imam kepala, tua-tua (Mt 21:23) dan orang Parisi (Mt 21:45) dan Ia memberi jawaban tentang asal-usul kekuasaan-Nya.

3.Dari perumpamaan ini, Yesus mengungkapkan: a) Tentang asal-usul kekuasaan-Nya. Ia adalah Anak Allah, ahli waris. b) Ia mencela penyalah gunaan kekuasaan oleh para imam kepala dan tua-tua. c) Yesus membela otoritas para nabi Allah yang dibunuh oleh para imam kepala dan tua-tua. d) Ia membuka kedok para penguasa yang memanipulasi agama dan membunuh Anak Manusia. Alasan mereka membunuh Yesus: takut kehilangan sumber keuangan yang berhasil mereka kumpulkan untuk diri mereka sendiri selama berabad-abad.

4.Mereka tidak sadar bahwa perumpamaan tersebut ditujukan kepada mereka. Dengan menjawab: “Ia akan membinasakan orang-orang jahat itu ....” maka mereka telah menentukan hukuman untuk diri mereka sendiri.

5.Walau demikian, mereka tidak mau bertobat. Malahan mereka berketetapan untuk membunuh Yesus; mereka menolak Batu Penjuru. Namun mereka tidak berani melakukan saat itu, karena mereka takut terhadap reaksi orang-orang yang berpihak kepada Yesus.

6.Kristus telah membangun kebun anggur-Nya, yaitu Gereja, dan Ia mempercayakan pengelolaannya kepada kita. Hal ini berarti Tuhan menyerahkan keselamatan jiwa-jiwa ke dalam tangan kita.

Jumat, 2.3.18 – MS,
Rm Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar