Jumat, 27 April 2018

Renungan Harian GML : YESUS ADALAH JALAN, KEBENARAN DAN KEHIDUPAN. IA JAMINAN KESELAMATAN DAN KEBAHAGIAAN KEKAL



BACAAN
Kis 13:26-33 – “Janji telah digenapi Allah dengan membangkitkan Yesus”

Yoh 14:1-6 – “Akulah jalan, kebenaran dan hidup”

RENUNGAN
1.Tuhan berkata kepada para murid-Nya: “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.” Nasehat tersebut menunjukkan adanya polemik di antara komunitas Kristen awal. Komunitas yang satu merasa lebih baik dibanding yang lain. Komunitas yang lain merasa diselamatkan dan komunitas lainnya tidak diselamatkan. Mereka saling menyalahkan bahkan saling mengkafirkan. Hal demikian terjadi juga di antara Gereja-gereja sekarang ini.

2.Tidak perlu masing-masing komunitas berpikir sama dan seragam. Yang penting ialah: semua orang menerima Yesus. Yang menyatukan komunitas Kristen menjadi Gereja adalah Kasih dan Pelayanan. Tanpa kedua hal tersebut tidak layak dinamai Gereja, lebih pantas disebut Gerombolan.

3.Yesus pergi kepada Bapa untuk menyiapkan tempat bagi kita. Dengan sabda-Nya, Yesus menghendaki kita selalu bersama Dia selama-lamanya. Bila Yesus akan datang kembali, yang dimaksud ialah kedatangan Roh Kudus yang Ia kirim dan bertindak dalam diri kita, sehingga kita mampu hidup sebagaimana Ia hidup.

4.Yesus adalah Jalan, Kebenaran dan Kehidupan. Tanpa Jalan kita tidak dapat datang kepada Bapa. Tanpa Kebenaran, seseorang tidak mampu membuat keputusan dengan baik dan benar; ia akan tersesat. Tanpa Kehidupan, yang ada hanyalah kematian. Dengan berjalan bersama Yesus, Sang Kebenaran dan Kehidupan, kita akan disatukan dengan Bapa dan kita akan memiliki hidup kekal. Kesimpulannya: Yesus yang mewahyukan diri sebagai Jalan, Kebenaran dan Kehidupan adalah jaminan keselamatan dan kebahagiaan hidup yang kekal.

M. Sriyanto, 27.4.18,

1 komentar: