Senin, 21 Mei 2018

MENGALAHKAN ROH JAHAT DENGAN DOA



BACAAN
Yak 3:13-18 – “Jika kalian puas dalam hati, janganlah membanggakan diri”

Mrk 9:14-29 – “Aku percaya, ya Tuhan! Tolonglah aku yang kurang percaya ini”

RENUNGAN
1.Seorang ayah nampak putus asa, karena anaknya dikuasai oleh roh jahat. Para murid tidak mampu menyembuhkannya.  Yesus menjadi tidak sabar: “Hai kamu angkatan yang tidak percaya, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!”

2.”Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!” Ayah anak itu berteriak: “Aku percaya! Tolonglah aku yang kurang percaya ini!” Seruan ayah ini mengajarkan bahwa kita harus mengakui segala kekurangan kita dan mohon  untuk menjadi percaya. Yesus bertindak dengan cepat. Ia memerintahkan roh jahat itu keluar. Di hadapan Yesus, kekuatan roh jahat  kehilangan semua pengaruhnya.

3.Ketika di rumah, para murid ingin tahu mengapa mereka tidak bisa mengusir roh jahat? Yesus menjawab: “Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa.” Yesus menyadarkan bahwa kita harus tetap mengandalkan kekuatan Allah. Allah menjadi dasar dan sumber kekuatan hidup kita. Sikap egois, iri, dengki, dan sombong akan menghalangi doa.

4.Wujud roh jahat jaman sekarang berupa kekerasan, pemaksaan kehendak, narkoba, teror, sombong dan merasa diri paling benar. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, dunia tidak semakin baik, tetapi justru semakin buruk. Maka kita harus semakin mengandalkan Allah, semakin percaya kepada Allah, dan bertumbuh dalam doa untuk bisa mengalahkan kuasa jahat.

MS, 21.5.18, berkat.id

0 komentar:

Posting Komentar