Rabu, 30 Mei 2018

Renungan Harian GML : YESUS HAMBA TUHAN



BACAAN
1Petr 1:18-25 – “Kamu telah ditebus dengan darah yang berharga, darah anak Domba tak bernoda, yaitu darah Kristus”

Mrk 10:32-45 – “Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang”

RENUNGAN
1.Injil hari ini merupakan pernyataan ketiga tentang Sengsara dan Kematian Yesus. Peristiwa ini bukan karena takdir tetapi karena komitmen total Yesus terhadap tugas perutusan dari Bapa-Nya. Yesus menghendaki setiap murid-Nya mengikuti jejak Sang Guru, walaupun mereka harus menghadapi salib. Dan para murid takut.

2.Di tengah kepedihan hati Yesus, Yakobus dan Yohanes justru minta kedudukan, pangkat, dan kehormatan untuk sebuah kemuliaan. Namun yang ditawarkan Yesus adalah cawan dan baptisan, penderitaan dan salib.

3.Bagi Yesus, untuk memperoleh kemuliaan dan menjadi hebat, jika setiap murid-Nya siap menjadi pelayan, dan yang ingin menjadi terkemuka harus berani menjadi hamba bagi semua. Di sini Yesus benar-benar menjungkirbalikkan sistem yang mengutamakan keserakahan, egoisme, dan penaklukkan. Apa yang ditawarkan Yesus merupakan obat untuk membangun hidup dalam kasih persaudaraan.

4.Oleh karenanya Yesus menyimpulkan tugas perutusan-Nya yang dikenakan kepada setiap murid-Nya, yaitu bukan untuk dilayani tetapi untuk melayani. Yesus memenuhi nubuat nabi Yesaya tentang Mesias Hamba, dan Yesus belajar dari ibu-Nya yang berkata: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu itu.”

5.Tugas Hamba: memanusiawikan hidup, melayani orang lain, dan menerima siapa saja yang tersingkirkan. Siapkah aku?

Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar