Minggu, 13 Mei 2018

Renungan Harian GML : ALLAH ADALAH KASIH



HARI KOMUNIKASI SEDUNIA: KEBENARAN AKAN MEMERDEKAKAN KAMU – Berita Palsu dan Jurnalisme Perdamaian

BACAAN
Kis 1:15-17.20a.20c-26 – “Harus ditambahkan kepada kami satu orang untuk menjadi saksi tentang keangkitan Yesus”

1Yoh 4:11-16 – “Barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia”

Yoh 17:11b-19 – “Supaya mereka menjadi satu sama seperti kita”

RENUNGAN
1.Hari ini Gereja Semesta memperingati Hari Komunikasi Sedunia. Paus Fransiskus menyampaikan pesan yang relevan untuk saat ini: “Kebenaran Akan Memerdekakan: Berita Palsu dan Jurnalisme Perdamaian.” Tema tersebut terkait dengan berita-berita hoax yang sangat merusak masyarakat. Di tengah berita hoax tersebut, Gereja ingin memberikan kontribusi dengan mempromosikan jurnalisme profesional yang selalu mencari kebenaran, menekankan jurnalisme damai yang mempromosikan saling pengertian antara sesama manusia.

2.Bacaan-bacaan hari ini menampilkan dua hal: Pertama, menampilkan sosok Yudas Iskariot yang mengkhianati Yesus. Kedua, mengenai pernyataan bahwa Allah adalah Kasih. Dalam Injil hari ini Yudas “sebagai dia yang sudah ditentukan untuk binasa.” Yudas telah menolak kasih Allah. Dia menuruti kehendaknya sendiri dengan harapan, Allah akan mengabulkan apa yang menjadi rencananya. Nyatanya, dia telah diperdaya oleh iblis.

3.Allah yang adalah Kasih memberi manusia kebebasan untuk memilih dan Kasih tidak pernah memaksa. Cinta menghargai kebebasan dan Allah tidak mau memaksa manusia untuk membalasnya. Kalau kita memilih tidak mencintai Allah, artinya kita memilih Iblis cs.

4.Kita harus berlatih supaya memiliki kebebasan yang terarah. Untuk itu kita harus melakukan pilihan-pilihan yang baik dan aktif dalam hidup menggereja dan bermasyarakat. Pilihan itu harus kita dasari dengan hidup rohani yang semakin meningkat dan mendalam melalui pembacaan Firman, doa, meditasi dan sakramen, terutama Ekaristi. Jika relasi pribadi kita dengan Allah semakin mesra, tidak mungkin kita akan mengkhianati Allah, seperti Yudas yang menjual Yesus.

5.Dalam Hari Komunikasi Sedunia ini kita mempersembahkan kebebasan kita untuk memilih Allah yang sudah mengasihi kita dengan total dan sepenuh hati.

Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar