Jumat, 11 Mei 2018

Renungan Harian GML : DALAM DUKACITA TERKANDUNG SUKACITA



BACAAN
Kis 18:9-18 – “Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!”

Yoh 16:20-23a – “Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira, dan tidak ada seorang pun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu”

RENUNGAN
1.Injil hari ini memunculkan kata-kata menangis, meratap, dukacita. Kata-kata tersebut mengungkapkan nasib jemaat Kristen awal di Asia Kecil. Hidup mereka sangat sulit: dikejar-kejar, ditangkap dan disiksa. Ini yang membuat mereka sedih dan berduka cita. Dan Injil membuat perbandingan dengan sakit melahirkan.

2.Perbandingan dengan sakit melahirkan hendak mengatakan bahwa penderitaan, kesedihan karena kekejaman bukanlah sebuah akhir atau kematian, tetapi lebih sebagai sakit seorang wanita karena melahirkan. Sakit karena melahirkan menjadi sumber kehidupan baru. Perbandingannya: penderitaan yang dialami umat Kristen akan menghasilkan hidup baru berkat Kematian dan Kebangkitan Kristus.

3.Tuhan Yesus berkata: “Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita,  tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira.” Kata-kata Yesus tersebut merupakan kepastian dan keberanian bagi umat Kristen yang membuat mereka bersukacita di tengah penderitaan.

4.Keselamatan membutuhkan proses. Banyak kali kita gagal. Kita harus berani bangun dan meneruskan perjuangan berkat Yesus yang setia kepada Bapa sampai wafat disalib dan bangkit dengan mulia. Kita mesti sabar, bertahan dalam iman,optimis, dan tidak mudah putus asa. Kita tidak sendirian, “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Mat 28:20). Yakinlah kita akan menang jaya.

SELAMAT MELAKUKAN NOVENA ROH KUDUS

Rm Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar