Rabu, 16 Mei 2018

Renungan harian GML : DI DUNIA TETAPI BUKAN MILIK DUNIA

DI DUNIA TETAPI BUKAN MILIK DUNIA

BACAAN
Kis 20:28-38 – “Aku menyerahkan kamu kepada Tuhan yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu suatu bagian yang telah ditentukan”

Yoh 17:11b-19 – “Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka dikuduskan dalam kebenaran”

RENUNGAN
1.Dalam Doa Imam Agung, Yesus berdoa bagi para murid-Nya: “Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu.” Doa merupakan tanda cinta sejati. Dalam bacaan pertama, Paulus berdoa bagi para penatua jemaat di Efesus karena ia sangat mencintai mereka.

2.Yesus berdoa “supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka.” Yesus berdoa demikian, karena Ia akan segera meninggalkan mereka, dan para murid masih berada di dunia ini dan tetapi bukan lagi milik dunia. Maka Yesus berdoa agar mereka tetap setia dan kuat dalam memelihara iman, dan dilindungi dari pengaruh jahat. Dengan demikian mereka memiliki sukacita penuh.

3.Yesus juga berdoa “kuduskanlah mereka dalam kebenaran.” Dengan doa ini Yesus menghendaki agar para murid menjadi manusia seperti Yesus, agar mereka mampu memberikan kesaksian tentang Yesus dan Bapa. Dan bila hidup kita menyerupai Yesus, maka kita akan mengalami seperti Yesus yaitu dibenci oleh dunia, karena sistem dunia  yang mengutamakan kepentingan, tanpa belas kasih, dan merendahkan kehidupan manusia.

4.Dalam situasi yang terkadang sulit dan mencekam seperti peristiwa pengeboman di Surabaya, Yesus tidak minta kepada Bapa supaya mengambil para murid dari dunia, tetapi supaya Bapa melindungi mereka dari yang jahat. Dalam situasi sesulit apa pun, Yesus menghendaki kita tetap sebagai garam dunia dan terang dunia (Mat 5:13-14).

ms, 16.5.18 – www.berkat.id

0 komentar:

Posting Komentar