Sabtu, 05 Mei 2018

Renungan Harian GML : MENGHADAPI KEBENCIAAN DENGAN KASIH



BACAAN
Kis 16:1-10 – “Menyeberanglah ke Makedonia, dan tolonglah kami”

Yoh 15:18-21 – “Kamu bukan dari dunia, sebab Aku telah memilih kamu dari dunia”

RENUNGAN
1.Injil hari ini masih dalam rangka perpisahan Yesus dengan para murid-Nya. Yesus mengingatkan bahwa dunia akan membenci mereka. Mengapa mereka membenci para murid Kristus? Dunia yang diorganisir berdasarkan kepentingan pribadi dan kelompok merasa terancam dengan cara hidup dan ajaran Yesus. Sebagai murid-murid Kristus, kita mengikuti cara hidup Yesus, bukan cara hidup dunia, maka dunia membenci kita. Kalau kita selalu setia kepada Kristus, maka kita memiliki kekuatan untuk menghadapi penganiayaan dan fitnah. Jika kita bertahan dalam kesulitan tersebut, kita mendapatkan sukacita dan selamat.

2.Yesus juga mengingatkan: “Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu.” Yesus pernah mengatakan hal ini sewaktu Ia membasuh kaki para murid-Nya (Yoh 13:6). Dengan mengidentifikasi  diri dengan Kristus telah mendorong banyak orang untuk melanjutkan hidup dengan menginspirasi para martir.

3.Jangan bangga dengan pujian dan jangan ciut dengan makian. Tiap orang suka dipuji. Pujian yang berlebihan bisa menjerumuskan. Sebaliknya, jangan lekas putus asa bila dicaci maki. Yesus sudah dicaci maki, diolok-olok, dihina, disiksa dan akhirnya dibunuh. Ia menghadapi kejahatan ini dengan kasih. Kekuatan kasih mampu mengalahkan sikap benci. Sebagai murid Kristus, sudah semestinya kita meneladani Dia, Tuhan dan Guru kehidupan.
Rm Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar