Kamis, 03 Mei 2018

Renungan Harian GML : PESTA SANTO PHILIPUS DAN YAKOBUS RASUL



BACAAN
1Kor 15:1-8 – “Tuhan menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul”

Yoh 14:6-14 – “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, namun engkau tidak mengenal Aku!”

RENUNGAN
1.Hari ini Gereja merayakan pesta Philipus dan Yakobus Rasul. Mereka adalah tiang-tiang Gereja yang telah meneguhkan dan memperkokoh iman umat, maka mereka perlu kita kenang dan kita teladani.

2.Philipus berasaal dari Betsaida di Galilea. Ia murid Yohanes Pembaptis. Yohanes Pembaptis memperkenalkan Yesus sebagai Anak Domba Allah. Dan Yesus memanggil Philipus sebagai murid-Nya sehari setelah Ia memanggil Petrus dan Andreas (Yoh 1:35-51). Philipus mewartakan Injil di Frigia, sebuah kota tua di Asia Kecil. Klemens dari Aleksandria mengatakan bahwa Philipus menderita penganiayaan hebat dan disalibkan dengan kepala di bawah, sebagaimana dialami Petrus di Roma pada pemerintahan kaisar Domitianus (81-96).

3.Philipus seorang yang spontan, tanpa ragu-ragu. Ia tanpa ragu mengikuti panggilan Yesus. Ia mengakui Yesus sebagai Mesias: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam Kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” Dalam mukjizat penggandaan roti, Philipus dengan spontan berkata kepada Yesus: “Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekali pun masing-masing mendapat sepotong kecil saja” (Yoh 6:7).

4.Yakobus merupakan salah seorang Rasul Yesus. Ia dikenal sebagai anak Alfeus. Sebelum menjadi murid Yesus, ia bekerja sebagai petani. Ketika para Rasul terpencar untuk mewartakan peristiwa Kebangkitan Tuhan, dan Petrus mengungsi keluar dari Yerusalem, Yakobus ini tetap tinggal di Yerusalem. Ia, kemudian, menjadi Uskup Yerusalem yang pertama. Ia sangat dihormati oleh orang-orang Yahudi. Yakobus dijuluki “Yang Adil”, karena ia mengetahui segala hukum Yahudi. Dalam Konsili pertama di Yerusalem, Yakobus membebaskan orang-orang  bukan keturunan Yahudi untuk bersunat.

5.Rasul Paulus menyebut Yakobus sebagai seorang Sokoguru Gereja sama seperti Petrus dan Yohanes (Gal 2:9). Sejauh mana sumbangsihku bagi Gereja Umat Allah?

Rm Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar