Selasa, 08 Mei 2018

Renungan Harian GML : ROH KUDUS ROH GEREJA



BACAAN
Kis 16:22-34 – “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus, dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu”

Yoh 16:5-11 – “Jikalau Aku tidak pergi, penghibur tidak akan datang kepadamu”

RENUNGAN
1.Ketika Yesus mengatakan kepergian-Nya kepada Bapa, para murid sedih. Bagi para murid, perpisahan dengan Yesus akan mengakibatkan penderitaan. Tetapi kalau Yesus tidak meninggalkan mereka, maka Roh Kudus tidak akan bersama mereka. Kalau Ia kembali kepada Bapa, Ia akan mengirim Roh Kudus kepada mereka, di mana saja mereka berada.

2.Yesus menjelaskan peranan Roh Kudus. Pertama, “Ia akan menginsyafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman.” Dunia jelas-jelas tidak percaya akan jalan Yesus. Tidak ada kesediaan dunia untuk membuka pikiran dan hati terhadap kehidupan yang diberikan oleh Yesus. Roh Kudus juga akan menunjukkan kebenaran tentang Yesus kepada dunia, bahwa Ia datang dari Allah. Roh Kudus akan menyingkapkan makna kematian Yesus sebagai kutukan bagi semua yang jahat di dunia, terutama penolakan dunia terhadap cinta sebagai pusat kehidupan.

3.Dalam sejarah Gereja, Roh Kudus selalu hadir dalam merawat Gereja dalam seluruh sejarahnya. Ia melambangkan kehadiran Allah yang terus-menerus dan meneguhkan setiap murid Kristus dari generasi ke generasi. Roh Kudus adalah Penolong, Pengantara, Pembaharu, Penghibur dan Penasehat. Melalui Roh Kudus, kita mengakui  Allah sebagai Bapa dan mengakui Yesus sebagai Penyelamat. Dalam Roh Kudus, kita tak perlu cemas dan takut.

Rm Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar