Rabu, 09 Mei 2018

Renungan Harian GML : ROH KUDUS ROH KEBENARAN



BACAAN
Kis 17:15.22-18:1 – “Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberikan kepadamu”

Yoh 16:12-15 – “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran”

RENUNGAN
1.Tidak lama lagi Yesus akan berpisah dengan para murid-Nya. Mereka magang bersama Yesus selama 3 tahun dan akan segera berakhir. Jelas pembentukan menjadi murid belum selesai. Masih banyak kekurangan dan Yesus masih punya banyak hal untuk diajarkan kepada mereka, tetapi Yesus tahu siapa para murid-Nya. Mereka bukanlah golongan orang-orang cerdik pandai. Kondisi seperti itu membuat mereka tidak akan mampu mengetahui semua konsekuensi dan implikasi sebagai murid. Mereka akan berkecil hati dan tidak mampu menanggung semuanya itu.

2.Dalam situasi itu Roh Kudus akan datang membantu mereka: “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran.” Umat Kristen awal telah mengalami dipimpin oleh Roh Kudus. Dalam rangka meneladani Yesus, mereka mencoba memahami dan menerapkan Sabda-Nya dalam berbagai macam kehidupan tiap hari, mereka mengalami kehadiran dan terang Roh Kudus.

3.Dalam sejarah Gereja, Roh Kudus memiliki peranan sentral dalam kehidupan Gereja dan dalam setiap umat beriman. Apa tanda bahwa seseorang dipimpin oleh Roh Kudus? Dia hidup dalam kebenaran, tidak terlalu memikirkan dirinya sendiri, rendah hati, dan membuka diri untuk orang lain. Daya Roh Kebenaran akan mengubah sifat manusia yang jahat menjadi baik. Saulus diubah menjadi Rasul Paulus yang membela iman akan kebangkitan Yesus. Apakah aku sudah dipimpin oleh Roh Kudus?

Rm Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar