Jumat, 08 Juni 2018

Renungan Harian GML : HARI RAYA HATI YESUS YANG MAHAKUDUS: KASIH YANG TAK BERKESUDAHAN



BACAAN
Hos 11:1.3-4.8c-9 – “Hatiku berbalik dari segala murka”

Ef 3:8-12.14-19 – “Supaya kamu dapat memahami betapa lebar dan panjangnya, dan betapa tinggi dan dalamnya kasih Kristus”

Yoh 19:31-37 – “Salah seorang dari prajurit itu menikam lambung Yesus dengan tombak, dan segera mengalirlah darah serta air keluar”

RENUNGAN
1.Hari ini kita merayakan Hati Yesus Yang Mahakudus. Penghormatan kepada Hati Yesus Yang Mahakudus berdasarkan tradisi yang sudah mulai berkembang sejak abad VII dan semakin tersebar luas setelah penampakan Yesus kepada Santa Margareta Maria Alacoque (1647-1690). Pada tahun 1856, Paus Pius IX memasukkan Pesta Hati Kudus Yesus dalam penanggalan liturgi. Tetapi karena perayaan ini selalu jatuh pada hari kerja, maka banyak umat kurang memperhatikan dan mengabaikan.

2.Dalam perayaan ini kita diajak untuk merasakan dan “memahami betapa lebar dan panjangnya, dan betapa tinggi dan dalamnya kasih Kristus” (Ef 3:18-19). Umat Katolik mengungkapkan kecintaannya kepada Hati Kudus Yesus melalui doa dan liturgi Ekaristi. Misalnya Puji Syukur nomor 207. Dalam setiap bagian doa tersebut selalu diulangi dengan permohonan yang sama: “Hati Yesus yang mahakudus, jangan memperhitungkan dosa kami.” Doa nomor 209 PS, selalu diulangi permohonan: “Kasihanilah kami.”

3.Doa dan renungan tentang Hati Kudus Yesus seharusnya mendorong kita untuk mewujudkan kasih Tuhan ini dalam tindakan nyata: berbagi dan berbelarasa dengan orang-orang miskin dan menderita.

4.”Tuhan, jadikanlah hati kami menjadi seperti Hati-Mu: penuh kasih, lemah lembut, dan rendah hati.”

Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar