Sabtu, 30 Juni 2018

Renungan Harian GML : HANYA KARENA IMAN



BACAAN
Ratapan 2:2.10-14.18-19 – “Berteriaklah kepada Tuhan dengan nyaring, hai puteri Sion”

Mat 8:5-17 – “Sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel”

RENUNGAN
1.Masihkah ada kerendahan hati? Seorang pejabat pemerintahan marah-marah karena harus antri ketika berobat di sebuah Rumah Sakit. Seorang profesor ngotot bahwa pendapatnya paling benar dan harus diikuti. Bagaimana dengan perwira dalam bacaan hari ini?

2.Dia seorang perwira, biasa dilayani oleh bawahannya. Namun ia datang sendiri kepada Yesus agar Ia menyembuhkan hambanya yang sakit keras. Ia yakin dan percaya bahwa Yesus mampu menyembuhkan hambanya hanya dengan satu kata saja: “... Katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.”

3.Yesus heran terhadap perwira tersebut, dan berkata: “iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel.” Dan Yesus menyembuhkan hamba perwira pada saat itu juga.

4.Perwira itu dipuji Yesus karena imannya. Apa arti beriman? Pertama, bukan penerimaan doktrin-doktrin keagamaan, melainkan percaya penuh dan total kepada Yesus. Hal ini berarti jalan hidup Yesus menjadi jalan hidupku. Kedua, beriman berarti, dengan rendah hati, datang dan berjumpa serta mengalami Yesus secara pribadi lewat membaca dan merenungkan Kitab Suci, berdoa, dan merayakan Sakramen. Ketiga, perwira itu kagum terhadap Yesus, karena Ia menjawab kerinduannya.

5.Apa arti beriman menurut pengalaman Anda?

MS, 30.6.18,

0 komentar:

Posting Komentar