Senin, 11 Juni 2018

Renungan Harian GML : PESTA RASUL SANTO BARNABAS: MENCARI BENTUK BARU PEWARTAAN KERAJAAN SURGA



BACAAN
Kis 11:21b-26; 13:1-3 – “Khususkan Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka”

Mat 10:7-13 – “Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Surga sudah dekat. Sembuhkanlah orang-orang sakit, bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta, usirlah setan-setan!”

RENUNGAN
1.”Kerajaan Surga sudah dekat,” artinya Kerajaan Surga sudah berada dalam jangkauan manusia; sudah “ada di antara kamu” (Luk 17:21). Kerajaan Surga yang harus diwujudkan dengan menyembuhkan orang-orang sakit, membangkitkan orang mati, mentahirkan orang kusta, dan mengusir setan-setan. Tugas ini menjadid penting, karena mereka adalah kelompok orang yang tersingkirkan dari tengah masyarakat. Kerajaan Surga berarti mengembalikan mereka secara penuh dalam interaksi di tengah masyarakat.

2.Yesus juga memanggil kita untuk mewujudkan Kerajaan Allah di dunia yang serba digital, terburu-buru dan selalu sibuk, semakin individualis. Sekarang ini tidak mudah lagi membangun komunitas berdasarkan teritori, di mana umat harus berkumpul pada jam dan hari tertentu. Maka harus dicari  metode baru demi pewujudan Kerajaan Surga. Bagaimana pewartaan Gereja paroki kita?

3.Pewartaan Kerajaan Allah bukan mengajar Komuni Pertama, Katekumen, atau Krisma, melainkan kesadaran dan kemauan umat untuk menjadi tangan-tangan Kristus, dan bukan terletak pada birokrasi gerejani yang terlalu mengatur. Bertemu orang lain, menyapa dengan ramah merupakan awal pewartaan.

Maxi Sriyanto

0 komentar:

Posting Komentar