Jumat, 13 Juli 2018

Renungan Harian GML : BERTAHAN SAMPAI KESUDAHANNYA



BACAAN
Hos 14:2-10 – “Kepada buatan tangan kami, kami takkan berkata lagi, ‘Ya Allah kami’”

Mat 10:16-23 – “Barangsiapa bertahan sampai kesudahannya, akan selamat”

RENUNGAN
1.Apa yang dikatakan Yesus menjadi kenyataan. Para murid Yesus mengalami banyak sekali tantangan, penganiayaan, bahkan kematian karena iman mereka. Hal ini menunjukkan bahwa perutusan sungguh sulit dan penuh bahaya. Siapa saja yang setia mengikuti Yesus dapat mengalami pengalaman yang sama dengan Sang Guru.

2.Justru dalam banyak kesulitan, tantangan, bahkan penganiayaan itulah, kita akan menjadi tahu siapa yang setia di jalan Tuhan dan siapa yang menyimpang dari jalan-Nya. Banyak orang tidak setia dan meninggalkan Yesus karena tidak mau menghadapi kesulitan dan salib; mereka memilih jalan yang lebar, enak dan nyaman. Keselamatan kekal tidak menjadi fokus hidup mereka.

3.Tuhan mengetahui kelemahan kita, di mana kita suka plin-plan (Yoh 2:25). Maka Yesus mengingatkan, agar kita tidak terlalu percaya kepada orang lain, karena orang lain juga memiliki kelemahan seperti kita. Kepercayaan kita hanyalah Yesus; “Yesus, Engkau andalanku.”

4.Percaya dan mengandalkan Yesus sama dengan beriman sampai akhir kepada Yesus. Seorang pun tidak akan menerima kehidupan kekal, kalau ia tidak “bertahan sampai kesudahannya” (Mat 10:22; 24:13; Mrk 13:13) dalam iman yang hidup dan berkualitas.

MaxSRI, 13.7.18,

0 komentar:

Posting Komentar