Senin, 02 Juli 2018

Renungan Harian GML : IKUT YESUS? SIAP 86



BACAAN
Amsal 2:6-10.13-16 – “Mereka menginjak-injak kepala orang lemah ke dalam debu”

Mat 8:18-22 – “Ikutilah Aku”

RENUNGAN
1.Yesus memutuskan untuk pergi ke seberang danau, karena kerumunan orang mulai menghimpit Dia. Seorang ahli Taurat ingin mengikuti Dia: “Guru, aku akan mengikuti Engkau, ke mana saja Engkau pergi.”

2.Banyak orang ingin mengikuti Yesus, tetapi tidak banyak yang berani menjalani semua konsekuensinya. Ada yang mau mengikuti Yesus, tetapi pasang syarat. Orang lain lagi mau mengikuti Yesus tetapi menunggu pensiun. Orang-orang seperti tersebut tidak akan pernah mengikuti Yesus.

3.Bila seseorang ikut dalam suatu organisasi atau partai politik, dia harus mengikuti peraturan dan anggaran dasar partai atau organisasi tersebut. Demikian juga bila seseorang mengikuti Yesus juga harus mengikuti anggaran dasar yang ditentukan oleh Yesus.

4.Ketentuan mengikuti Yesus: a) Meneladani contoh Sang Guru (Yoh 13:14). Yesus menjadi model untuk diteladani. Dalam “Sekolah Yesus” yang diajarkan adalah Kerajaan Allah dan Kerajaan Allah ini terwujud dalam kehidupan Yesus. b) Berpartisipasi aktip dalam tujuan Sang Guru. Setiap orang yang mengikuti Yesus harus membuat komitmen terhadap Yesus. c) Menerima dan mewujudkan hidup Yesus dalam hidup kita. Paulus memberi contoh kepada kita: “Aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku” (Gal 2:20).

5.Bagi ahli Taurat yang biasa hidup mewah dan terhormat, dituntut untuk memiliki sikap hidup tanpa pamrih, tidak ada jaminan, dan siap kehilangan banyak. Bagi seorang muda: Yesus harus menjadi prioritas, berani melepaskan kelekatan terhadap kekayaannya; tidak ada kompromi.

6.Siapkah aku?               

0 komentar:

Posting Komentar