Jumat, 06 Juli 2018

Renungan Harian GML : MEREKA APA ADANYA




BACAAN
Amos 8:4-6.9-12 – “Aku akan mengirimkan kelaparan, bukan kelaparan akan makanan, melainkan kelaparan akan Sabda Tuhan”

Mat 9:9-13 – “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. Aku menginginkan belaskasihan, bukan persembahan.”

RENUNGAN
1.Pada waktu itu, oleh orang-orang Parisi, pemungut cukai disamakan dengan perampok dan pendosa. Orang-orang Parisi tidak mau bergaul dengan mereka, apalagi makan bersama mereka. Tidak demikian dengan Yesus. Ia bergaul dan makan bersama mereka.

2.Yesus menyambut pemungut cukai, orang-orang berdosa dengan ramah, tanpa menghakimi, tanpa menghukum, tanpa memperhatikan latar belakang mereka. Semua orang disambut. Dan yang hebat: Yesus tidak menuntut perubahan apa pun dari mereka. Yesus hanya mengatakan: “Ikutlah Aku!” untuk melihat, bersama, dan mengalami Dia.

3.Sekarang ini Yesus juga memanggil kita: “Ikutlah Aku!” Kita dipanggil untuk melihat Yesus, bersama Dia, mengalami Dia, dan belajar dari Dia. Kita diharapkan mengalami sukacita dan belaskasihan Allah.

4.Namun kenyataannya adalah ini: Kita suka menuntut orang lain berubah seperti kita, mudah menggerutu, gampang mengadili orang lain, melihat orang lain dengan pandangan negatip, dan menebar ketidak puasan di sana-sini lewat berita hoax. Beranikah kita meninggalkan sikap-sikap negatif tersebut dan mengubahnya menjadi keramah-tamahan, menerima orang lain apa adanya dan berbagi sukacita tanpa keinginan mengubah mereka?

m.sriyanto, 6.7.18,

0 komentar:

Posting Komentar