Rabu, 04 Juli 2018

Renungan Harian GML : YESUS MENGHANCURKAN KUASA KEGELAPAN



BACAAN
Amos 5:14-15.21-24 – “Jauhkanlah daripadaku keramaian nyanyianmu, dan biarlah keadilan selalu mengalir seperti sungai”

Mat 8:28-34 – “Adakah Engkau kemari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?”

RENUNGAN
1. Yesus berkuasa atas roh-roh jahat (kegelapan). Roh jahat disimbolkan dengan kuburan (tempat orang mati), babi (binatang najis), dan laut (symbol kekacauan). Kemenangan Yesus atas roh-roh jahat menjadi penghiburan dan kekuatan bagi umat Allah yang waktu itu tengah mengalami penganiayaan dan penindasan.

2. Penginjil Matius menghubungkan kuasa jahat dengan kuburan dan kematian, lambang kekuatan yang tanpa arah dan tujuan, merusak, dan membuat orang takut, kehilangan kesadaran dan penguasaan diri. Kekuatan yang semula kokoh kuat, hancur luluh di hadapan Yesus. Mereka kehilangan kekuatan, kehilangan otonomi dan konsistensi. Bagi siapa saja yang percaya kepada Yesus tidak perlu takut akan kekuatan roh-roh jahat, justru harus mampu mengalahkan mereka.

3. Kekuatan jahat yang sering membelenggu kita, antara lain kecanduan gadget, malas, acuh-tak-acuh terhadap Allah (kehidupan rohani) dan tidak peduli terhadap orang lain. Dengan majunya jaman seperti sekarang ini, justru kekuatan-kekuatan jahat semakin dominan. Bagaimana ini?

4. Kekuatan kegelapan/jahat mana yang harus kita  mohonkan kepada Tuhan untuk dibebaskan?

MS, 4.7.18,

0 komentar:

Posting Komentar