Jumat, 24 Agustus 2018

Renungan Harian GML : PESTA Santo BARTOLOMEUS RASUL: MEMILIKI KESATUAN ERAT DAN MENDALAM DENGAN TUHAN



BACAAN
Why 21:9b-14 – “Di atas dua belas batu dasar tertulis nama kedua belas rasul Anak Domba”

Yoh 1:45-51 – “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya”

RENUNGAN
1.Dalam Injil Yohanes, yang disebut Natanael adalah Santo Bartolomeus Rasul. Natanael, seperti kita, mendapat panggilan untuk menjadi rasul. Dalam kasus Natanael ini, panggilan tidak datang langsung dari Tuhan, tetapi lewat orang lain, yaitu Philipus  yang bersaksi tentang Yesus. Pada mulanya Natanael ragu-ragu, tapi ia datang juga kepada Yesus. Yesus memanggil kita juga lewat orang lain: teman, saudara, atau peristiwa. Dan Yesus bekerja dan menarik kita untuk semakin dekat dengan-Nya.

2.Perjumpaannya dengan Yesus membuat Natanael menyatakan iman akan Dia: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Natanael tidak ragu-ragu tentang Yesus. Sejak saat itu Natanael memiliki relasi personal yang sangat kuat dengan Yesus. Dan ia menjadi rasul yang sangat meyakinkan. Kita pun juga harus membangun pondamen iman kita dengan pengalaman pribadi akan Kristus Tuhan.

3.Sebagai salah satu dari Duabelas Rasul, menurut tradisi, ia memberitakan Injil di India dan Armenia dan di sana ia mati sebagai martir, dikuliti dan dipenggal kepalanya. Sejak perjumpaannya yang pertama dengan Tuhan Yesus, ia memiliki kesatuan erat dan mendalam dengan Tuhan.

🇮🇩MS,24.8.18🇮🇩

1 komentar: