Kamis, 27 September 2018

Renungan Harian GML : IMANKU MENJAWAB

Kamis, 27 Sept 18, St. Vincensius de Paulo


*BACAAN*
Pengkhotbah 1:2-11 – “Tiada sesuatu yang baru di bawah matahari”

*Luk 9:7-9* – “Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal besar itu?”

*RENUNGAN*
1.Pertanyaan dari segala pertanyaan yang selalu muncul dalam Kitab Suci adalah: *"Siapa gerangan orang ini?"* Tidak banyak orang mampu menjawabnya. Murid-murid Yohanes bertanya: “Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?” (Luk 7:20). Para murid: “Siapa gerangan orang ini?” (Luk 8:25). Para ahli Taurat: “Katakanlah kepada kami dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal ini?” (Luk 20:2). Mahkamah Agama bertanya: “Jika Engkau adalah Mesias, katakanlah kepada kami!” (Luk 22:67). “Engkau ini Anak Allah?” (Luk 22:70).

2.Hanya orang beriman mendalam mampu menjawab pertanyaan tersebut. Petrus menjawab: “Engkau adalah Mesias” (Mrk 8:29). Thomas: “Ya Tuhanku dan Allahku” (Yoh 20:28). Kepala pasukan yang menyaksikan penyaliban Yesus: “Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!” (Mrk 15:39). Yohanes Penginjil menyimpulkan: “… supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya” (Yoh 20:31).

3.Apa yang harus kita buat supaya semakin mengenal dan menghayati hidup Yesus? Membaca dan merenungkan Kitab Suci, berdoa dan menerima sakramen secara teratur dan terencana. Dengan cara-cara tersebut, kita memiliki relasi yang akrab mendalam dengan Tuhan. Menurutmu, siapa Yesus?

0 komentar:

Posting Komentar