Rabu, 05 September 2018

Renungan Harian GML : SURAT TAGIHAN DARI TUHAN

Rabu, 5-9-2018, Pekan Biasa XXII


BACAAN
1Kor 3:1-9 – Kami ini hanyalah kawan sekerja Allah; sedangkan kamu adalah ladang Allah dan bangunannya”

Luk 4:38-44 – “Juga di kota-kota lain Aku harus mewartakan Injil, sebab untuk itulah Aku diutus”

RENUNGAN
1.Penyembuhan mertua Simon yang menderita demam keras, nampak sepi, biasa-biasa saja, tidak ada kata-kata dari Yesus, tidak ada reaksi dari orang-orang yang menyertai-Nya. Padahal kita suka mukjizat yang heboh. Tuhan membuat mukjizat untuk kita melalui hal-hal yang biasa:  ketika kita berdoa, mengikuti perayaan Ekaristi, bimbingan rohani, pemeriksaan batin secara rutin. Tetapi kita menganggap tindakan tersebut rutin belaka, biasa-biasa saja sehingga tidak merasakan adanya mukjizat.

2.Tuhan Yesus menyembuhkan ibu mertua Simon Petrus dengan segera. Dan ibu mertua Simon tanpa ragu percaya  terhadap tindakan Tuhan. Ia percaya sepenuhnya, maka rahmat Tuhan bekerja secara efektif. Penyembuhan terjadi secara sempurna dan seketika melalui mukjizat yang nampak biasa.

3.Kita punya kebiasaan mendesak-desak, bahkan memaksa Tuhan untuk menyembuhkan penyakit kita, tapi kita mengelak kalau ada “tagihan” dari Tuhan yang berupa pelayanan terhadap orang lain. Berbeda dengan ibu mertua Simon. Begitu sembuh, ia segera melayani Tuhan, bahkan ia tidak memikirkan dirinya sendiri dan hanya focus pada kebutuhan orang lain. Tuhan Yesus membangkitkan kita dari kematian dosa dan memanggil kita untuk melayani. MS

1 komentar: