Senin, 08 Oktober 2018

Renungan Harian GML : MENCINTAI ORANG LAIN SEPERTI YESUS

Senin, 8 Okt 2018


*BACAAN*
Gal 1:6-12 – “Injil yang kuberitakan itu bukanlah Injil manusia”

Luk 10:25-37 – “Siapakah sesamaku?”

*RENUNGAN*
1.Dalam Taurat Yahudi tertulis bahwa mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, segenap jiwa dan segenap kekuatan menjadi hukum utama (Im 19:18; Ul 6:5). Tetapi dalam keseharian, mereka mempraktekkan hukum balas dendam: “mata ganti mata, gigi ganti gigi” (Kel 21:24). Yesus menghendaki perubahan hukum secara total. Yesus menghendaki  kita memiliki cinta persaudaraan, mencintai orang lain, mencintai siapa saja tanpa memandang siapa mereka, sebagaimana telah Ia tunjukkan di kayu salib. Apakah aku juga berusaha mencintai orang lain seperti Yesus?

2.Mungkin, kita sama seperti orang Yahudi: mengasihi Allah dan mentaati hukum-hukum-Nya, tetapi ketika kita harus mencinta orang lain, bahkan terhadap orang yang paling dekat sekali pun, banyak gagal. Mereka banyak menderita karena ketidak sabaran, kemarahan dan  kurangnya kontrol pada diri kita. Mengapa hal ini bisa terjadi?

3.Yesus juga meminta agar kita mencintai musuh-musuh kita. Hal ini dicontohkan oleh seorang Samaria yang menolong seorang Yahudi yang dirampok. Orang Samaria tersebut tidak lain adalah gambaran Yesus sendiri. Inilah cinta, di mana Yesus menghendaki untuk kita lakukan: cinta tanpa batas seperti yang Ia lakukan di Salib. “Pergilah, dan perbuatlah demikian!.” (MS,berkat.id)

0 komentar:

Posting Komentar