Kamis, 08 November 2018

Renungan Harian GML : ALLAH PEDULI

Kamis, 8 Nop 2018

BACAAN
*Flp 3:3-8a* – “Apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap merugikan karena Kristus”
Luk 15:1-10– “Akan ada sukacita pada malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat”

RENUNGAN
1. Bagi orang-orang Parisi dan para ahli kitab, siapa pun yang mereka cap sebagai pendosa, selalu mereka singkirkan dan mereka remehkan. Dari dulu sampai sekarang cap itu terbawa-bawa. Orang begitu mudah memberi cap “berdosa” dan kafir berdasarkan suku, agama, dan pandangan hidup. Pokoknya, apa saja dan siapa saja yang tidak sesuai dengan otak mereka, adalah kelompok tersesat, haram, dan kafir. Serem sekaligus menggelikan.

2.Cara pandang Yesus sungguh baru dan luar biasa. Satu orang yang tersesat harus dicari sampai ketemu. Biar pun hanya satu orang, tapi sangat berharga di mata Tuhan. Bagi yang merasa tersesat dan berdosa, Yesus adalah “penebus dan penyelamatku.” Nah, saat ini kita berada dalam kawanan Gereja. Masalahnya adalah: bagaimana caranya supaya kita tidak sampai tersesat dan hilang.  Tuhan, melalui Gereja-Nya, menyediakan banyak sarana bagi kita untuk sampai pada iman yang utuh: Sabda, Doa, Sakramen, Komunitas. Kita gunakan  saja sarana-sarana tersebut.

3.Tuhan tidak pernah gembira dengan hilangnya seseorang. Tuhan menghendaki semua orang diselamatkan dan dipulihkan persahabatannya dengan Allah. Inilah mengapa seluruh penghuni surga bersukacita ketika seorang yang tersesat diketemukan dan relasinya dengan Allah dipulihkan. Masih pedulikah Gereja (para rama dan umat) terhadap mereka yang tersesat dan hilang?

0 komentar:

Posting Komentar