Sabtu, 03 November 2018

Renungan Harian GML : MELAYANI DENGAN HATI

Sabtu, 3 Nop 2018, St. Martinus de Porres

BACAAN
Flp 1:18a-26 – “Bagiku hidup ialah Kristus dan mati keuntungan”

Luk 14:1.7-11 – “Barangsiapa meninggikan diri, akan direndahkan; dan barangsiapa merendahkan diri, akan ditinggikan”

RENUNGAN
1.Yesus menghadiri undangan makan yang diselenggarakan oleh seorang petinggi Parisi. Tetapi “semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan seksama.” Namun Yesus juga memperhatikan para tamu yang berusaha duduk di tempat yang paling terhormat. Dari sini Yesus membalikkan arti dihormati dan ditinggikan.

2.Kita seringkali melihat ada orang yang suka mempromosikan dirinya; suka bercerita tentang dirinya, jasa-jasanya,  kehebatannya sambil meremehkan orang lain, dengan harapan orang lain menganggapnya  hebat. Padahal, orang-orang di sekitarnya tidak senang mendengarkan ceritanya, bahkan  menjadi stress karenanya.

3.Namun ada juga orang yang tidak pernah cerita tentang dirinya sendiri. Ia hanya bekerja dan membantu orang lain. Ia tidak memiliki status sosial yang tinggi, dan tidak memiliki banyak ketrampilan kemasyarakatan, tetapi ia melayani dan membuat orang lain senang, bahagia dan semangat. Ketika ia merasa tidak penting lagi, ia mundur dan orang lain di sekitarnya akan sangat menghormati dia; ia mendapat tempat terhormat di hati setiap orang;

4.Tuhan berkata: “Barangsiapa meninggikan diri , akan direndahkan; dan barangsiapa merendahkan diri, akan ditinggikan.” Aku termasuk yang mana? Apakah kita tidak boleh memenuhi ambisi kita dengan menjadi yang paling hebat dan terhormat? Yesus tidak berbicara tentang pemenuhan ambisi, melainkan berbicara tentang hati, yaitu bagaimana seseorang melayani orang lain dengan rela dan ikhlas, tanpa pamrih dan hanya demi kebahagiaan orang lain dan kemuliaan Allah. Orang seperti inilah yang akan dihormati dan ditinggikan.

0 komentar:

Posting Komentar