Selasa, 11 Desember 2018

Renungan Harian GML : BAGAIMANA PENDAPATMU?

Selasa, 11 Des 2018

BACAAN
Yes 40:1-11 – “Allah menghibur umat-Nya”
Mat 18:12-14 – “Bapamu tidak menghendaki seorang pun dari anak-anak ini hilang”

RENUNGAN
1.Dari perumpamaan ini, Allah Bapa tidak ingin ada seorang yang lemah, miskin, terlantar tersesat dan hilang tanpa mendapat perhatian dari pihak Gereja. Mereka harus menjadi prioritas dan pusat perhatian Gereja, tidak boleh dibiarkan tersesat. “Bagaimana pendapatmu?” (Mat 18:12).

2.Mereka yang miskin, terlantar, lemah, tidak berdaya biasanya mudah tersesat karena situasi dan keadaan mereka. Orang-orang beriman pada jaman sekarang juga mudah tersesat, karena tidak lagi memperhatikan hidup rohani, kurang/tidak berdoa lagi, dan  malas ke gereja. Ke gereja Natal dan Paskah dirasa sudah cukup menandai sebagai orang Kristen. Mereka semua, dari hati yang terdalam, sebenarnya berteriak: “Para gembala, apakah engkau mendengarkan jeritanku?” Mereka haus perhatian dari para gembala. Masih adakah para gembala Gereja yang tergerak hatinya untuk mencari dan menemukan mereka serta membimbing kembali masuk kawanan domba? “Bagaimana pendapatmu?”* (Mat 18:12).

3.Dengan pertanyaan “Bagaimana pendapatmu,”  Tuhan mengajak kita berpikir dan bertindak untuk satu domba, dan banyak domba, yang tersesat dan hilang. Tuhan begitu terketuk hati-Nya ketika ada seorang yang tersesat dan Ia mencarinya sampai ketemu. Manusia menjadi pusat perhatian Allah. Ia menghendaki agar setiap orang beriman tetap berada dalam satu kawanan domba. Setiap pendosa dicari-Nya dan akan bersukacita bila ia berhasil ditemukan kembali. Saat ini Tuhan menghendaki  kita untuk menjadi alat di tangan-Nya. “Bagaimana pendapatmu?”

0 komentar:

Posting Komentar