Jumat, 07 Desember 2018

Renungan Harian GML : IMAN YANG MENYEMBUHKAN

Jumat, 7 Des 2018, St. Ambrosius


BACAAN
Yes 29:17-24 – “Pada waktu itu orang-orang tuli akan mendengar …, dan mata orang-orang buta akan melihat, lepas dari kekelaman dan kegelapan”
Mat 9:27-31 – “Terjadilah padamu menurut imanmu”

RENUNGAN
1.Orang buta itu mencari Tuhan dengan sikap rendah hati dan dengan penyesalan yang mendalam atas dosa-dosanya. Mereka mendekati Yesus karena katerbatasan dan kelemahan mereka. Jika mereka sehat, pasti mereka tidak akan mendekati Yesus, tidak pernah menyesali dosa-dosa mereka dengan berseru, “kasihanilah kami, hai Anak Daud!” Kita yang tidak cacat secara phisik, namun punya banyak kelemahan dan dosa, sudah selayaknya menyadari diri seperti orang buta tadi; berteriak lantang dengan penuh penyesalan dan tobat.

2.Mereka buta phisik namun bertekun dan berusaha keras untuk bisa bertemu Yesus. Mereka memiliki iman yang kuat: “Ya Tuhan, kami percaya.” Mereka percaya bahwa Yesus mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan Allah. Mereka dilarang bicara, namun mereka tetap menyebarkan sukacita yang mereka alami karena kemurahan Tuhan. Bukannya tidak taat, mereka hanya ingin menyampaikan ungkapan rasa syukur yang meluap. Sukacita dalam Tuhan tidak bisa ditutup-tutupi, apalagi hanya untuk dirinya sendiri.

3. Kita disebut buta, ketika kita tidak memiliki rasa terhadap kehadiran Tuhan, tidak memiliki rasa terhadap dosa, tidak peduli terhadap orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan pertolongan. Hal ini disebut buta hati, jauh lebih parah daripada buta mata.

0 komentar:

Posting Komentar