Sabtu, 08 Desember 2018

Renungan Harian GML : JALAN BUNDA MARIA ADALAH JALANKU

Sabtu, 8 Des 2018, SP Maria Dikandung Tanpa Dosa


BACAAN
Kej 3:9-15.20 – “Aku akan mengadakan permusuhana antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya”
Luk 1:26-38– “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau”

RENUNGAN
1.Hari ini Gereja semesta merayakan Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Dosa. Dikandung Tanpa Noda Dosa mengingatkan kita akan kebenaran yang paling hakiki tentang iman Katolik dan kehidupan manusia, yaitu bahwa  kita membutuhkan seorang Penebus.

2.Bacaan pertama mengingatkan bahwa Adam jatuh ke dalam dosa, karena berontak melawan Allah. Dosa Adam berimbas kepada semua manusia dan dunia, sehingga  penderitaan, ketidak adilan, kesengsaraan di dunia ini disebabkan oleh dosa. Akibat dosa, manusia terputus dari Allah; ia bagaikan layang-layang putus terbawa angin. Untuk dapat tersambung lagi dengan Allah, manusia membutuhkan seseorang yang menangkapnya; manusia membutuhkan seorang Penyelamat. Tidak mungkin kita melakukannya sendiri bila tanpa Sang Penyelamat.

3.Gereja Katolik mengakui Maria sebagai manusia yang sejak semula dipilih oleh Allah untuk mengandung dan melahirkan Yesus, karena itu Maria dibebaskan dari dosa asal. Maria adalah satu-satunya manusia yang dilahirkan tanpa noda dosa.

4.Pengakuan Bunda Maria sebagai Terkandung Tanpa Noda Dosa juga merupakan pengakuan terhadap kita, bahwa kita juga akan dimuliakan oleh Allah bila kita memiliki kualitas hidup seperti Bunda Maria: berani berserah diri dan melaksanakan kehendak  Allah dengan berkata, “Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu"

0 komentar:

Posting Komentar