Minggu, 02 Desember 2018

Renungan Harian GML : HIDUP DALAM PENGHARAPAN

Minggu, 2 Des 2018, ADVEN I

BACAAN
Yer 33:14-16– _“Sungguh, waktunya akan datang, bahwa Aku menepati janji yang telah Kukatakan kepada kaum Israel dan kaum Yehuda”_
1Tes 3:12-4:2 – _“Semoga Ia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus di hadapan  Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita”_
Luk 21:25-28.34-36 – “Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, … supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia”

RENUNGAN
1.Ketika seseorang berjanji mau datang menemui saya, berarti saya memiliki pengharapan dan tidak sendirian. Dalam Kitab Suci, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, Tuhan berjanji kepada kita. Yang dijanjikan bukanlah kekayaan atau kesuksesan atau kehidupan yang bebas dari penderitaan. Ia menjanjikan seorang pribadi yang akan menemani perjalanan hidup kita. _“Sesungguhnya, waktunya akan datang, … bahwa Aku akan menepati janji yang telah Kukatakan kepada kaum Israel dan kaum Yehuda … Aku akan menumbuhkan Tunas Keadilan bagi Daud_ …” (Yer 33:14-15).

2.Dan di dalam Injil, kita melihat pemenuhan janji Allah dalam diri Yesus Kristus. Yesus adalah Allah beserta kita. Ia, secara spesial, datang bagi kita. Namun banyak kali kita ini malas dan tertidur, sehingga kehilangan sentuhan akan janji Tuhan tersebut. Kita terlalu sibuk dengan urusan-urusan hidup sehari-hari, di rumah, di tempat kerja, di jalan yang macet, tetapi kita lupa akan janji Allah. Menjadi seorang Katolik adalah memiliki relasi akrab mendalam dengan Yesus. Tapi bagaimana hal ini bisa terwujud kalau hati kita kumuh, jarang/tidak pernah berdoa, dan menutup diri?

3.Dalam masa Adven ini kita diundang untuk fokus kepada Kristus dengan membuat pembaruan hidup, membarui komitmen yang belum terlaksana. Kita perhatikan korona (lingkaran) Adven di gereja. Bentuknya bulat melambangkan panggilan manusia untuk menjadi utuh, penuh, dan sempurna. Warna hijau adalah simbol akan pengharapan, pertobatan, dan perubahan diri. Selamat merayakan Adven: Nil nisi Christum– tak ada yang lain kecuali Kristus.

0 komentar:

Posting Komentar