Selasa, 08 Januari 2019

Renungan Harian GML : LIMA ROTI DUA IKAN

Selasa, 8 Jan 2019

*BACAAN*
*1Yoh 4:7-10* – “Allah adalah kasih”
*Mrk 6:34-44* – “Tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala”

*RENUNGAN*
1.”Tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka.” Hati yang begitu mencintai orang-orang yang membutuhkan. Tak seorang pun dapat mencintai seperti Kristus. Kita mohon rahmat Tuhan agar  mampu melihat apa yang Ia lihat, menderita apa yang Ia derita, dan mencintai siapa yang Ia cintai. Inilah domba tanpa gembala: kaum remaja dan kaum muda (OMK) dan orang-orang yang berada dalam kegelapan jiwa karena putus asa. Apa yang telah Gereja/kita buat bagi mereka?

2.Tuhan menghendaki agar kita aktif turut menyelesaikan masalah-masalah di sekitar kita: “Kamu harus memberi mereka makan!” Artinya kita harus ikut bertanggungjawab terhadap masalah di sekitar: korban gempa bumi, tsunami, tanah longsor, angin topan. Di mana kehadiran Gereja?

3.Ketika Kristus memilih kita untuk suatu tugas perutusan, Ia akan memberikan apa yang kita butuhkan. Seringkali kita dihadapkan pada masalah yang sangat riil, tetapi di luar kemampuan kita untuk memenuhinya. Muncullah kecemasan. Apakah yang Kristus minta ketika kita berhadapan dengan hal yang mustahil seperti masalah di atas? Tuhan bertanya: “Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!” Artinya: Memberikan apa yang kita punya dan tidak perlu ada yang kita pertahankan; memberi dengan murah hati. Kita taruh roti dan ikan di atas meja, dan Kristus akan bertindak. Kesatuan budi dan hati dengan Kristus akan menghasilkan mukjizat. (MS,berkat.id)

0 komentar:

Posting Komentar